Mentan Apresiasi Kepala Daerah di Jateng yang Cepat Tangani PMK pada Ternak

Antara, Tata Rahmanta ยท Jumat, 13 Mei 2022 - 21:51:00 WIB
Mentan Apresiasi Kepala Daerah di Jateng yang Cepat Tangani PMK pada Ternak
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo saat saat meninjau hewan ternak sapi yang terjangkit PMK di Desa Singosari, Kecamatan Mojosongo, Kabupaten Boyolali, Jumat (13/5/2022). Foto: ANTARA/Bambang Dwi Marwoto.

BOYOLALI, iNews.id - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengapresiasi kepala daerah yang mengambil langkah cepat dalam penanganan penyakit mulut dan kuku (PMK) di Jawa Tengah. Penanganan yang cepat sehingga tidak sampai menyebar ke daerah lainnya.

"Saya apresiasi langkah yang dilakukan Gubernur Jateng dan para bupati, terutama di Boyolali dalam penanganan PMK pada hewan ternak di daerah," kata Syahrul Yasin Limpo saat meninjau kasus PMK ternak sapi di Desa Singosari, Kecamatan Mojosongo, Kabupaten Boyolali, Jumat (13/5/2022). 

Mentan mengatakan, pada kasus PKM di Desa Singosari, Boyolali ada 15 ekor ternak sapi yang dinyatakan positif. Namun kini, kondisinya membaik setelah dilakukan penanganan pengobatan tim kesehatan hewan.

Kasus PMK juga terjadi di Desa Ngenden Ampel, yakni ada enam ekor kondisinya juga sudah membaik,  sehingga di Boyolali total ada 21 ekor hewan ternak. 

Dikatakannya, PMK pada hewan ternak menjadi ancaman dan langkah serius sudah dilakukan oleh jajaran yang ada. Artinya, menggunakan kekuatan medis yang ada di peternakan dan lain-lain sebagainya sudah dilaksanakan di lapangan.

Bahkan, penanganan PMK dalam beberapa hari ini, kelihatan sudah ada perkembangan dan penyembuhan hewan ternak yang terjangkit bisa dilakukan.

Editor : Ary Wahyu Wibowo

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: