Merapi Luncurkan Awan Panas Guguran, Ini Wilayah di Jateng yang Diguyur Hujan Abu

Ahmad Antoni ยท Kamis, 10 Maret 2022 - 09:15:00 WIB
Merapi Luncurkan Awan Panas Guguran, Ini Wilayah di Jateng yang Diguyur Hujan Abu
Gunung Merapi mengeluarkan awan panas guguran dipotret dari Srumbung, Magelang, Jateng, Kamis (6/5/2021). (Antara/hp/pri)

Kemudian Desa Sengi dan Desa Krinjing di Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Kemudian juga Desa Balai Rante di Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

“Atas adanya peristiwa APG hingga hujan abu vulkanis itu, sebanyak 253 warga mengungsi sementara ke tempat yang aman. Rinciannya, 60 warga di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah dan 193 warga di Kabupaten Sleman, DIY,” kata Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari dalam siaran pers, Kamis (10/3/2022) pagi.

Dia mengatakan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Klaten dan BPBD Kabupaten Sleman telah melakukan pendampingan serta memberikan bantuan logistik kepada para pengungsi tersebut.

BPBD Kabupaten Klaten, BPBD Kabupaten Magelang dan BPBD Kabupaten Sleman telah berkoordinasi dengan BPPTKG dan lintas instansi terkait guna melakukan kaji cepat, monitoring lanjutan serta mengevakuasi warga yang tinggal di sekitar lereng Merapi. 

BPBD telah meminta seluruh warga yang berada di dekat lereng Merapi agar segera menjauh dari zona bahaya. “Warga juga diminta agar dapat segera berkumpul di tempat (titik kumpul) yang sudah di tetapkan guna memudahkan tim dalam melakukan pertolongan dan evakuasi ke tempat yang lebih aman,” ujarnya.

Editor : Ahmad Antoni

Follow Berita iNewsJateng di Google News

Bagikan Artikel: