Mirip Kolam Susu, Air Sungai Ngrancah di Kulonprogo Diduga Tercemar Limbah

Kuntadi ยท Rabu, 12 Februari 2020 - 12:57 WIB
Mirip Kolam Susu, Air Sungai Ngrancah di Kulonprogo Diduga Tercemar Limbah
Ikan mati di Sungai Ngrancah, Kulonprogo, Rabu (12/2/2020). (Foto: iNews/Kuntadi)

KULONPROGO, iNews.id - Sungai Ngrancah di Kelurahan Hargowilis, Kapanewon Kokap, Kulonprogo, Yogyakarta diduga tercemar. Akibatnya, ribuan ikan ditemukan mati mengambang pada Rabu (12/2/2020).

Salah seorang warga, Prastowo mengaku selama ini air di Sungai Ngrancah selalu jernih. Sungai yang tepat berada di bawah pintu air dan saluran pembuangan dari Waduk Sermo ini menjadi tempat favorit warga untuk memancing.

"Biasanya jernih, ini keruh kaya air susu atau air beras," ujarnya, Rabu (12/2/2020).

Warga mengetahui perubahan warna air sungai pada Rabu (12/2/2020) pagi. Sebelumnya, Selasa (11/2/2020) sore, air masih normal. Mereka tidak mengetahui pasti, namun ada dugaan ikan mati karena air sungai tercemar.

"Penyebabnya apa kami tidak tahu, tapi seperti keracunan dan ikan banyak yang mati," katanya.

Dari pantauan iNews, warga sekitar pun berdatangan untuk menangkap ikan. Dari ukuran kecil hingga besar banyak yang keracunan dan lemas.

Beberapa jenis ikan yang terlihat yakni sidat, melem, nila, red devil, hingga wader tawes. Sejumlah warga yang datang lebih awal mendapatkan ikan lebih banyak.

"Sejak pagi beredar kabar banyak ikan mati, saya langsung ke sini untuk menangkap ikan," kata warga yang ikut mengais ikan di Sungai Ngrancah, Ari Wibowo.

Kondisi Sungai Ngrancah, Kulonprogo, Rabu (12/2/2020) yang diduga tercemar. (Foto: iNews/Kuntadi)
Kondisi Sungai Ngrancah, Kulonprogo, Rabu (12/2/2020) yang diduga tercemar. (Foto: iNews/Kuntadi)

 

Sementara itu Direktur Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Binangun Kulonprogo Jumantoro menduga, Sungai Ngrancam tercemar dari kebocoran bak penampungan poly aluminium chloride (PAC) atau biasa dikenal dengan tawas. Bahan ini biasa dipakai untuk menjernihkan air PDAM dari pengolahan air bersih yang ada di Waduk Sermo.

"Kami langsung melakukan perbaikan pada saluran penampungan PAC," ujarnya.

Untuk menetralisir kandungan tawas yang ada di Sungai Ngrancah, PDAM langsung membuka pintu air untuk menetralisir kandungan PAC.


Editor : Nani Suherni