Momen Haru Pertemuan Prajurit TNI dan Polri dengan Veteran Perang Kemerdekaan

Ahmad Antoni ยท Kamis, 06 Oktober 2022 - 12:42:00 WIB
 Momen Haru Pertemuan Prajurit TNI dan Polri dengan Veteran Perang Kemerdekaan
Danramil 04 Gayamsari Kodim 0733 Kota Semarang, Mayor Inf Rahmatullah AR didampingi Kapolsek Gayamsari Kompol Hengky Prasetyo saat mengunjungi Sanjoto di rumahnya. (Ist)

SEMARANG, iNews.id – Momen mengharukan terekam saat Danramil 04 Gayamsari Kodim 0733 Kota Semarang, Mayor Inf Rahmatullah AR mengunjungi rumah Sanjoto (92) di Kampung Blimbing Raya, Peterongan Semarang. Sanjoto adalah mantan prajurit TNI AD dari kesatuan Corps Polisi Militer yang juga eks anggota BKR, cikal bakal TNI saat perang kemerdekaan.

Sanjoto menceritakan masa perjuangannya di hadapan Danramil  yang didampingi Kapolsek Gayamsari Kompol Hengky Prasetyo beserta staf dalam momentum peringatan HUT ke-77 TNI.

Sanjoto pertama kali bergabung dalam kancah perjuangan saat pendudukan Jepang di Solo tahun 1945. Dia ikut mengusir Jepang dari Solo dan terpaksa hijrah menyingkir dari Solo saat kedatangan tentara Belanda yang ingin menguasai kembali Indonesia. 

Dia kemudian bergabung dalam BKR dan ditempatkan sebagai Polisi Tentara, cikal bakal Corps Polisi Militer dengan pangkat Letnan Muda.

Peran penting Sanjoto saat itu adalah sebagai pengaman rute gerilya Panglima Besar Jenderal Soedirman untuk wilayah Wonogiri hingga Pacitan Jawa Timur.

Berbagai pertempuran sengit dengan Belanda dialami, hingga berhasil meledakkan satu truk pasukan Belanda saat konvoi di daerah Jumapolo. Berbagai jenis senjata milik tentara Belanda dan Gurkha berhasil dia rampas dan jadi bekal perjuangan pasukannya.

Kepada generasi muda TNI dan Polri, Sanjoto berharap agar menjaga persartuan. "TNI dan Polri harus solid agar negara ini kuat. Jangan sampai kita bersaing dalam hal kekuatan,”  kata Sanjoto, Kamis (6/10/2022).

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsJateng di Google News

Bagikan Artikel: