Nekat Gadaikan BPKB Palsu, IRT di Sragen Dibekuk Polisi

Kuntadi, Joko Piroso ยท Kamis, 30 Januari 2020 - 12:17 WIB
Nekat Gadaikan BPKB Palsu, IRT di Sragen Dibekuk Polisi
Kapolres Sragen AKBP Raphael Sandhy Cahya Priambodo memegang BPKB palsu (Foto: iNews.id/Joko Piroso)

SRAGEN, iNews.id – Seorang itu rumah tangga TY (42) warga Sragen, Jawa Tengah, dibekuk polisi karena terlibat pemalsuan surat bukti kepemilikan kendaraan bermotor (BPKB). TY menggunakan BPKB palsu ini sebagai jaminan pinjaman di koperasi.

Kapolres Sragen AKBP Raphael Sandhy Cahya Priambodo mengatakan, dari BPKB palsu itu TY mampu mencairkan pinjaman hingga Rp100 juta.

Kasus ini terungkap setelah, salah satu koperasi yang memberikan pinjaman kepada pelaku melapor kepada polisi. Sebelumnya TY mengajukan kredit dengan agunan BPKB palsu. Namun setelah enam bulan, pelaku tidak membayar angsuran, bahkan saat dicek keberadaan mobil tidak ada. Pihak koperasi pun akhirnya melapor ke polisi.

"Dari koordinasi itulah diketahui kalau BPKB yang dijadikan agunan palsu," kata Raphael, Kamis (30/1/2020).

Tersangka ditangkap pada 8 Januari lalu. Dari pemeriksaan, TY mengaku mendapatkan BPKB palsu dari DR (46) warga Kaliori, Rembang. Berbekal informasi inilah petugas melakukan pengembangan dan menangkap DR.

"Jadi jaringan ini sudah melakukan penipuan di empat koperasi dengan barang bukti lima BPKB," ucapnya.

Atas perbuatannya, pelaku dijerat dengan pasal 263 ayat 2 KUHP tentang pemalsuan surat dengan ancaman 6 tahun penjara. Saat ini polisi masih melakukan pengembangan, karena disinyalir masih ada beberapa BPKB palsu yang dijadikan agunan di koperasi.


Editor : Nani Suherni