Niat Bor Sumur, Warga Grobogan Kaget Lubang Pipa Semburkan Gas

Rustaman Nusantara ยท Sabtu, 12 September 2020 - 15:30:00 WIB
Niat Bor Sumur, Warga Grobogan Kaget Lubang Pipa Semburkan Gas
Semburan gas di Desa Mrisi, Kecamatan Tangguhgjarjo, Grobogan, Jawa Tengah (Jateng) (Foto: Rustaman Nuantara)

GROBOGAN, iNews.id - Warga Desa Mrisi, Kecamatan Tangguhgjarjo, Grobogan, Jawa Tengah (Jateng) digemparkan dengan munculnya semburan gas setinggi lima meter dari dalam sumur bor. Awalnya warga tengah melakukan pengeboran tanah, namun tiba-tiba suara gemuruh dari dalam tanah mulai terdengar hingga muncul semburan gas tersebut.

Semburan gas tersebut muncul di tengah lahan milik Feriwanto. Semburan gas setinggi lima meter muncul sejak Jumat (4/9/2020) siang. Hingga Sabtu (12/9/2020) ketinggian tekanan gas semakin membesar.

Untuk memastikan adanya gas, warga berusaha menyalakan api di atas pipa yang ditancapkan. Dari pipa yang dipasang ini terlihat semburan api yang menyala cukup besar bahkan api semakin besar jika tertiup angin.

Polisi yang mengetahui informasi tersebut kemudian memasang garis di sekitar lokasi semburan.

Pemilik lahan Feri mengatakan, sebelumnya, saat mengeboran muncul air namun tiba-tiba surut. Tak lama kemudian berganti dengan semburan gas yang cukup besar.

Mengetahui uap yang sangat panas dari dalam sumur, ia terpaksa menghentikan aktivitas pengeboran dan melapor ke pemerintah desa setempat.

"Ini sudah dilaporkan ke aparat desa juga, makanya itu sudah ada garis polisinya," kata Feri.

Feri mengaku belum ada pembicaraan lebih lanjut soal lahannya tersebut. Namun, jika memang menguntungkan itu bisa digunakan warga.

"Kalau memang bisa dimanfaatkan ya bagus, harapannya memang itu," ucapnya.

Beberapa tim energi sumber daya mineral (ESDM) telah diturunkan dan melakukan pemeriksaan. Pemerintah meminta agar pemilik sumur tetap mengawasi semburan gas selama seminggu mendatang.


Editor : Nani Suherni