Orangtua Balita Positif Korona di Yogyakarta Berstatus Pasien dalam Pengawasan

Kuntadi ยท Rabu, 18 Maret 2020 - 10:58 WIB
Orangtua Balita Positif Korona di Yogyakarta Berstatus Pasien dalam Pengawasan
Kepala Dinas Kesehatan DIY Pembayun Setyaning Astutie (Foto: Humas Pemda DIY)

YOGYAKARTA, iNews.id - Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta memastikan orangtua balita yang positif virus korona (Covid-19) berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP). Tracking dengan sejumlah anggota keluarga balita tersebut masih dilakukan.

Kepala Dinas Kesehatan DIY Pembayun Setyaning Astutie mengatakan, sampai saat ini baru satu pasien positif Covid-19 di DIY. Orangtua balita tersebut juga masuk daftar PDP.

“Proses tracking dan screening ini masih terus kami lakukan karena belum sampai ujungnya. Kedua orangtua pasien ini juga masuk daftar PDP. Anggota keluarga lain yang pernah berinteraksi dengan pasien juga sudah kami periksa, dan dinyatakan sehat," ujarnya dilansir dari situs resmi Pemda DIY, Rabu (18/3/2020).

Dia menjelaskan, sampai saat ini terdapat 15 orang yang telah diperiksa di RSUP Dr Sardjito. Dimana tiga orang di antaranya masih menunggu hasil pemeriksaan dan satu orang sudah dinyatakan positif. Sedangkan di RSUD Panembahan Senopati Bantul, terdapat dua orang PDP, di RSUD Wirosaban, Yogyakarta terdapat dua orang PDP.

“Saat ini ada kabar akan ada satu pasien yang dirujuk dari rumah sakit swasta ke RSUD Wirosaban. Tapi kami minta sebelum dirujuk harus tegak diagnosa dulu, tidak asal rujuk,” ucapnya.

Sebelumnya, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X menyatakan seorang anak usia balita yang dirawat di RSUP Dr Sardjito dinyatakan positif terinfeksi virus korona. Bayi laki-laki ini sebelumnya baru saja pulang dari Kota Depok, Jawa Barat.

“Ya betul, satu. Masih anak-anak,” kata Sri Sultan dalam keterangan kepada wartawan di Kepatihan, Yogyakarta, Minggu (15/3/2020).


Editor : Nani Suherni