Pandemi Covid, Tradisi Dandangan Sambut Ramadan di Kudus Ditiadakan

Antara ยท Kamis, 18 Maret 2021 - 07:24:00 WIB
Pandemi Covid, Tradisi Dandangan Sambut Ramadan di Kudus Ditiadakan
Tradisi Dandangan Sambut Ramadan di Kudus ditiadakan karena masih masa pandemi. (Antara)

KUDUS, iNews.id - Tradisi Dandangan yang biasanya dimeriahkan pasar malam menyambut Ramadan di Kabupaten Kudus, pada tahun ini ditiadakan. Hal itu mengingat masih masa pandemi dan Kudus masih berstatus zona oranye penularan Covid-19.

"Hasil rapat evaluasi, Pemkab Kudus tidak berani menyelenggarakan Tradisi Dandangan tersebut dengan berbagai pertimbangan," kata Pelaksana tugas Bupati Kudus Hartopo di Kudus, Rabu (17/6/2021).

Untuk menata pedagang, dia optimistis, bisa mengaturnya, sedangkan pengunjung yang berasal dari luar daerah dipastikan sulit dibendung. "Kerumunan dipastikan sulit dibendung karena pengunjungnya berasal dari luar Kudus dan pintu masuknya juga banyak," katanya.

Meskipun demikian, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus, akan meminta hasil evaluasi soal penanganan Covid-19, termasuk peluang menyelenggarakan berbagai kegiatan, termasuk Tradisi Dandangan meskipun hasil evaluasinya tidak mungkin digelar.

Kepala Dinas Perdagangan Sudiharti mengakui masih menunggu petunjuk pimpinan sehingga hingga kini belum ada persiapan soal Tradisi Dandangan, meskipun pelaksanaannya tidak lama lagi.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2