Panitia Kurban di Grobogan Gebrak Meja Bubarkan Ratusan Warga Nekat Minta Jatah Daging

Rustaman Nusantara ยท Sabtu, 01 Agustus 2020 - 13:00 WIB
Panitia Kurban di Grobogan Gebrak Meja Bubarkan Ratusan Warga Nekat Minta Jatah Daging
Warga yang nekat meminta jatah daging kurban di Masjid Baiturrrahman Purwodadi, Grobogan (Foto: iNews/Rustaman Nusantara)

GROBOGAN, iNews.id - Ratusan warga yang tidak mendapatkan kupon pembagian daging kurban di Grobogan, Jawa Tengah (Jateng) saling berdesakan tanpa menerapkan protokol kesehatan. Petugas pun terpaksa membubarkan kerumunan dengan menggebrak meja.

Mayoritas warga dari luar Purwodadi, Grobogan, itu tak memiliki kupon memaksa panitia untuk tetap memberikan daging kurban. Padahal daging kurban sudah habis dibagikan.

Dari pantauan iNews, seorang petugas keamanan pembagian daging kurban di Masjid Baiturrahman, Purwodadi jengkel dengan ulah warga yang berkerumun. Petugas langsung menggebrak meja dan membubarkan kerumunan.

Ratusan warga yang tidak memiliki kupon daging kurban itu masuk Masjid Baiturrahman dan memasksa panitia membagikan kurban. Jumlah mereka kurang lebih 500 orang.

Dalam antrean ini ada beberapa warga yang memiliki kupon langsung memaksa ke depan untuk mengambil daging kurban. Sekali masuk hanya diperbolehkan lima orang secara bergantian. Selain dibagikan ke warga yang memiliki kupon sebanyak 1.500 bungkus daging sudah dibagikan ke panti asuhan dan pondok pesantren.

Menurut Ketua panitia pembagian daging kurban Maryanto, selain 1.500 daging kurban. Panitia juga menyediakan 200 bungkus cadangan untuk warga yang tak berkupon.

"Semua pengambilan daging kurban itu pakai kupon untuk mengatur jumlah paket dan penerima dan untuk memudah kontrol juga," ujar Ketua Panitia Kurban, Maryanto.

Namun, hampir 500 warga yang datang tanpa kupon. Kondisi ini membuat panitia menjadi kerepotan. Petugas pun terpaksa mengusir warga yang nekat meminta bagian daging kurban.

"Sudah antre lama, emang enggak punya kupon," kata warga yang tak kebagian daging kurban, Wiwik.

Di Idul Adha 2020, panitia kurban Masjid Baiturrrahman Purwodadi menyembelih tujuh ekor sapi dan empat ekor kambing.


Editor : Nani Suherni