Pasar Hewan di Grobogan Kembali Dibuka, Ternak yang Dijual Wajib Dilengkapi SKKH

Antara ยท Selasa, 20 September 2022 - 22:49:00 WIB
Pasar Hewan di Grobogan Kembali Dibuka, Ternak yang Dijual Wajib Dilengkapi SKKH
Pasar Hewan Ketitang, Kecamatan Godong, Kabupaten Grobogan yang sebelumnya ditutup kini dibuka kembali. Foto: ANTARA/Akhmad Nazaruddin Lathif.

GROBOGAN, iNews.id Pemkab Grobogan telah membuka semua pasar hewan di wilayahnya setelah ditutup sebagai dampak merebaknya penyakit mulut dan kuku (PMK). Semua ternak yang hendak dijual harus dilengkapi Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) dari dokter hewan.

"Pembukaan kembali semua pasar hewan ternak di Kabupaten Grobogan atas persetujuan Tim Satgas Pengendalian PMK. Karena mempertimbangkan pasar hewan di kabupaten tetangga sudah dibuka, sehingga di Grobogan juga dibuka sejak pekan sebelumnya," kata Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Grobogan, Riyanto, Selasa (20/9/2022). 

Pemkab Grobogan, menutup semua pasar hewan ternak sejak 25 Mei 2022 karena saat itu ditemukan kasus PMK. Untuk mengantisipasi penyebaran virus, maka setiap hewan ternak yang dijual di pasar hewan harus dilengkapi SKKH. 

Ketentuan berlaku untuk hewan ternak dari luar daerah maupun dari dalam kota guna memastikan hewan ternak yang dijual dalam kondisi sehat.

Dalam rangka memastikan hewan ternak yang masuk dilengkapi SKKH, maka di pintu masuk ada petugas yang berjaga untuk mengecek kelengkapan dokumennya.

Editor : Ary Wahyu Wibowo

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: