Pasar Hewan di Klaten akan Dibuka Kembali, Ini Tanggalnya

Antara ยท Selasa, 28 Juni 2022 - 23:16:00 WIB
Pasar Hewan di Klaten akan Dibuka Kembali, Ini Tanggalnya
Bupati Klaten Sri Mulyani menyerahkan vaksin kepada dokter hewan di Klaten, Selasa (28/6/2022). Foto: ANTARA/Aris Wasita.

KLATEN, iNews.id Pemkab Klaten bakal kembali membuka pasar hewan pada 29 Juni 2022. Pasar hewan sebelumnya tutup selama beberapa pekan akibat merebaknya virus penyakit mulut dan kuku (PMK) pada ternak, utamanya sapi dan kambing.

"Besok tanggal 29 (Juni) pasar hewan atau ternak di Kabupaten Klaten saya buka, ini juga dalam rangka persiapan Idul Adha," kata Bupati Klaten Sri Mulyani, Selasa (28/6/2022). 

Dengan demikian, ia berharap masyarakat tidak perlu kebingungan membeli sapi atau kambing untuk Idul Adha hingga ke luar Klaten.

"Karena di Klaten cukup, jumlahnya ada ratusan ribu ekor. Kalau perkiraan kebutuhan untuk hewan kurban di Klaten sekitar 9.000 ekor, jadi stoknya aman," katanya.

Pihaknya mencatat, untuk populasi sapi di Kabupaten Klaten hingga saat ini sebanyak 108.000 ekor. Sedangkan kambing sebanyak 106.000 ekor.

Ia mengatakan, nantinya akan ada standar operasional prosedur yang disiapkan oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Klaten pada pembukaan kembali pasar. Salah satunya adalah larangan hewan dari luar daerah masuk ke pasar di kawasan Klaten.

Editor : Ary Wahyu Wibowo

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: