Pasien Covid-19 Berbohong saat Diperiksa, 7 Perawat di RS Paru Salatiga Diisolasi

Lurisa Lulu ยท Jumat, 17 April 2020 - 10:50 WIB
Pasien Covid-19 Berbohong saat Diperiksa, 7 Perawat di RS Paru Salatiga Diisolasi
RS Paru Dr Ario Wirawan, Kota Salatiga, Jawa Tengah (Foto: iNews/Lurisa Lulu)

SALATIGA, iNews.id - Tujuh perawat RS Paru Dr Ario Wirawan, Kota Salatiga, Jawa Tengah terpaksa menjalani isolasi mandiri setelah menangani pasien Covid-19. Selama perawatan, sang pasien yang dinyatakan positif tak mengakui pernah pergi keluar negeri.

Awalnya, pasien tersebut menjalani pemeriksaan medis karena mengeluhkan sakit di bagian dada. Selama pemeriksaan, pasien tersebut tidak pernah mengakui pernah melakukan perjalanan ke Eropa. Namun, sakitnya yang tak kunjung sembuh membuat rumah sakit mengambil swab pasien. Hasilnya, pasien tersebut positif Covid-19.

Saat ini, ketujuh tenaga medis di RS Paru Dr Ario Wirawan tidak diperbolehkan berdinas untuk sementara waktu.

Wali Kota Salatiga Suliyanto mengatakan karena dari awal pasien tidak jujur dengan riwayat perjalanannya, semua tim medis tidak menggunakan Alat Pelindung Diri (APD).

"Saat pasien memeriksakan diri, petugas medis tidak melakukan standar atau protokol yang diberlakukan," kata Suliyanto, Kamis (17/4/2020).

Dia pun mengimbau agar tenaga medis tetap menjalankan tugas sesuai standar yang berlaku saat ini. Suliyanto pun meminta warga yang sakit tidak berbohong atas riwayat perjalanan dan sakit mereka saat memeriksakan diri.

"Saya mengimbau tenaga medis juga untuk menggunakan APD dan lain sebagainya," ujarnya.

"Setelah di tracing dengan pasien, perawatnya sudah di isolasi di suatu tempat selama 14 hari. Harapannya bisa," ucapnya lagi.


Editor : Nani Suherni