Pasien Covid-19 Melonjak, Daya Tampung Dua RS di Semarang Mulai Penuh

Kristadi ยท Selasa, 15 Juni 2021 - 21:09:00 WIB
Pasien Covid-19 Melonjak, Daya Tampung Dua RS di Semarang Mulai Penuh
Pasien yang dirawat di IGD akibat tingkat keterisian yang penuh di Rumah Sakit Umum Daerah Wongsonegoro Semarang, Selasa (15/6/2021). Foto: iNews/Kristadi.

SEMARANG, iNews.id – Lonjakan kasus Covid-19 membuat tingkat keterisian dua rumah sakit (RS) di Kota Semarang hampir penuh. Pasien Covid-19 yang masuk daftar tunggu, dirawat di selasar dan ruang IGD Rumah Sakit Umum Daerah Wongsonegoro dan RSUP Dr Kariadi Semarang

Dari pantauan di IGD RSUD Wongsonegoro Kota Semarang Selasa (15/6/2021), puluhan pasien Covid-19 rujukan maupun diantar sendiri oleh keluarganya terus berdatangan dari Kota Semarang maupun luar daerah.

Banyaknya pasien Covid-19 membuat daya tampung delapan ruang rawat inap di RSUD Wongsonegoro Semarang penuh. Sebanyak 308 tempat tidur rawat inap dan 50 tempat tidur di ruang ICU, sudah penuh terisi pasien Covid-19 dari Kota Semarang, Kudus dan Demak. 

“Guna menghadapi lonjakan kedatangan, kami sementara merawat 25 pasien Covid-19 daftar tunggu di ruang IGD,” kata Wakil Direktur RSUD Wongsonegoro Semarang. 

Pemandangan serupa juga terjadi di RSUP Dr Kariadi semarang. Pasien Covid-19 yang terus mengalir membuat daya tampung rumah sakit menjadi penuh. Pasien Covid-19 yang terus berdatangan, sementara ditempatkan di selasar IGD untuk menunggu kamar perawatan. 

Pascalibur Lebaran, kasus Covid-19 di Kota Semarang melonjak tajam. Jika sebelumnya terdapat 300 kasus,  kini menjadi 1.300 kasus. 

Editor : Ary Wahyu Wibowo