Pasien Tak Jujur, 8 Tenaga Medis di Pemalang Positif Corona

Suryono Sukarno ยท Rabu, 22 April 2020 - 23:30 WIB
Pasien Tak Jujur, 8 Tenaga Medis di Pemalang Positif Corona
Tim medis RSUD Ashari Pemalang memeriksa suhu tubuh pengunjung. (Foto: iNews/Suryono Sukarno)

PEMALANG, iNews.id - Sebanyak delapan tenaga medis di Pemalang positif terinfeksi virus corona (Covid-19), Rabu (22/4/2020). Tujuh di antaranya menunjukan gejala demam disertai batuk. Mereka sudah dirawat di rumah rujukan di Pemalang. Sedangkan satu dokter lain menjalani isolasi mandiri.

Sebagian besar dokter baru yang jaga di instalasi gawat darurat (IGD). Mereka terinfeksi corona diduga lantaran menangani pasien yang tidak jujur jika positif terinfeksi corona.

Delapan tenaga medis yang positif Covid-19  itu sebagian besar dokter baru. Masing-masing berinisal M, perempuan (25) asal Sumatera Selatan; J, perempuan (25) asal Jakarta; S laki-laki (24) asal Jakarta, M perempuan (23) asal Purwokerto; M perempuan (24) asal Jakarta; D laki laki (24) asal Pontianak, B laki-laki (24) asal Bandung; dan W laki laki (34) asal Pemalang.

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Pemalang, Tetuko Raharjo menatakan, kedelapan tenaga medis itu tertular saat sedang menjalankan tugas di RSUD Ashari dan rumah sakit swasta. Mereka diduga terinfeksi dari pasien yang datang ke IGD namun tidak jujur dengan kondisinya.

“Selain itu, minimnya alat pelindung diri (APD) menjadi salah satu faktor penting mudahnya penularan virus itu ke tenaga medis,” katanya, Rabu malam.

Selain delapan petugas medis yang terpapar, kasus positif Covid-19 di Pemalang juga ada penambahan dua orang dari masyarakat. Dengan demikian total kasus warga yang sudah terinfeksi corona di Pemalang sebanyak 15 orang.

“Dari 15 pasien positif corona itu, orang pertama yang terkena corona saat ini sudah sembuh dan sudah dipulangkan dari perawatan,” katanya.


Editor : Kastolani Marzuki