Pasien Terjun dari Lantai 3 Rumah Sakit di Purwokerto, Diduga Depresi

Saladin Ayyubi ยท Kamis, 16 Juli 2020 - 10:27 WIB
Pasien Terjun dari Lantai 3 Rumah Sakit di Purwokerto, Diduga Depresi
Saksi menunjukkan lokasi pasien terjun dari Rumah Sakit (RS) Ananda Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Kamis (16/7/2020) pagi. (Foto: iNews/Saladin Ayyubi)

BANYUMAS, iNews.id - Seorang pasien di Rumah Sakit (RS) Ananda Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, terjun dari lantai dua Kamis (16/7/2020) pagi. Beruntung kondisi pasien selamat dan hanya mengalami luka ringan.

Saat ini, pasien berinisial PS, warga Purwokerto Barat tersebut masih dalam penanganan medis. Dugaan sementara, pasien ini depresi karena kecemasan berlebihan terhadap kondisi penyakitnya.

Menurut saksi mata, sebelum terjun, pasien berjenis kelamin laki-laki tersebut keluar melalui jendela lantai tiga RS Ananda Purwokerto. Pasien kemudian berjalan di atas kanopi lantai dua hingga ke bagian tepi, lalu terjun ke bawah atau lantai dasar.

Warga yang melihat sempat berteriak mencegah tindakan pasien. Namun, peristiwa itu terjadi sangat cepat sehingga tidak ada warga dan petugas yang sempat menghalangi tindakannya.

Tubuh pasien sempat terbentur kanopi lantai satu, kemudian terjerembab di lantai dasar di sebelah tangki penampungan. Sementara kondisi atap seng lantai satu penyok dan nyaris jebol akibat tertimpa pasien yang jatuh.

Petugas keamanan dan medis yang mengetahui kejadian itu segera menolong dan mengevakuasi pasien. Pasien langsung dibawa ke ruang IGD dan telah ditangani.

“Kejadiannya cepat, pasien itu lompat dari jendela, lari, dan lompat dari gedung. Dia langsung terjun ke bawah tadi. Laki-laki, udah tua,” kata saksi kejadian, Agus

Sementara polisi yang mendapatkan laporan segera ke RS Ananda Purwokerto dan memeriksa kondisi pasien yang terjatuh. Dari keterangan pihak rumah sakit dan keluarga, diduga pasien ini sengaja menjatuhkan diri karena depresi akibat penyakit yang dideritanya.

Kapolsek Purwokerto Barat AKP Haryanto mengatakan, kondisi pasien saat ini sadar dan lukanya telah diobati. Pasien sudah tiga hari dirawat di RS Ananda. Pasien ini mencoba meloncat keluar dan terjatuh di saat keluarga pasien sedang berada di kamar mandi.

“Diduga karena ada gangguan kejiwaan, sehingga ingin melarikan diri keluar dari rumah sakit. Memang pasien sudah beberapa kali berobat ke sini,” kata Kapolsek Purwokerto Barat.

Kini kondisi pasien masih dalam penanganan pihak RS Ananda. Pasien hnya mengalami luka ringan pada beberapa bagian tubuhnya. Polsek Purwokerto Barat masih terus mendalami penyebab pasti PS, warga Purwokerto Barat ini terjun.


Editor : Maria Christina