Pemburu Babi Salah Tembak Petani Jadi Tersangka, Terancam Hukuman 5 Tahun Penjara

Elis Novit ยท Kamis, 26 Mei 2022 - 05:57:00 WIB
Pemburu Babi Salah Tembak Petani Jadi Tersangka, Terancam Hukuman 5 Tahun Penjara
apolres Banjarnegara AKBP Hendri Yulianto memperlihatkan barang bukti senjata laras panjang yang digunakan berburu tersangka salah tembak petani. (IST)

BANJARNEGARA, iNews.id - Polres Banjarnegara menetapkan tersangka M (29) warga Desa Kesenet Kecamatan Banjarmangu, pemburu babi yang salah tembak terhadap petani yang sedang mencari rumput. Peristiwa itu terjadi di ladang Kapulaga pada Sabtu (21/5) lalu.

Kapolres Banjarnegara AKBP Hendri Yulianto, mengatakan, penangkapan terhadap M sendiri bermula saat adanya korban salah tembak yang dialami oleh JS (50) saat sedang matun (mencari rumput) di Dusun Batur, Desa Purwasana, Kecamatan Punggelan. 

Akibat peluru nyasar ini, korban mengalami luka serius pada bagian paha kanan dan tangan kiri. Menurutnya, kejadian ini bermula saat tersangka M sedang melakukan perburuan babi di sekitar ladang warga. 

Saat itu, kata dia, ada tiga warga yang mendengar suara ledakan sekitar pukul 16.00 WIB. Saat mendatangi lokasi, ternyata ada warga yang terkena tembakan pemburu babi hutan.

Tersangka M ini, lanjut Kapolres, memang sering berburu celeng atau babi hutan di sekitar wilayah tersebut. Kebetulan saat ini memang musim babi hutan turun ke ladang untuk mencari makan. Sementara jarak hutan dengan perkebunan warga itu sekitar 2 kilometer.

“Jadi pelaku ini memang melakukan perburuan babi hutan setiap hari. Saat kejadian, pelaku ini melihat babi hutan dengan jarak sekitar 18 meter. Saat diikuti babi hutan itu berbelok dan pelaku menembakkan senapannya, ternyata di lokasi tersebut ada orang sedang mencari rumput, dan peluru akhirnya mengenai paha dan lengan korban,” ujarnya, Rabu (25/5/2022).

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: