Pemkot Solo Siapkan STP Sebagai RS Darurat Covid-19

Antara · Selasa, 29 Desember 2020 - 19:34:00 WIB
Pemkot Solo Siapkan STP Sebagai RS Darurat Covid-19
Solo Techno Park. (Okezone/Bramantyo)

SOLO, iNews.id - Pemkot Solo menyiapkan Solo Technopark (STP) sebagai rumah sakit  (RS) untuk pasien Covid-19. Rencana disusun menyusul imbauan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) kepada RS rujukan untuk menambah kapasitas tempat tidur pasien.

"Kami persiapkan STP menjadi RS darurat, kalau RS Ngipang dan RS Bung Karno sudah kami pakai untuk penanganan Covid-19," kata Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo (Rudy) Selasa (29/12/2020). STP diperkirakan memiliki kapasitas yang mampu menampung ratusan pasien.

Saat ini, Pemkot Solo tengah menghitung kebutuhan jika STP digunakan sebagai RS darurat. Sesuai arahan pemerintah pusat, keberadaannya nanti terbuka untuk pasien dari daerah lain. Sehingga tidak dikhususkan bagi masyarakat Kota Solo saja. 

Penggunaan STP sebagai RS darurat guna mengantisipasi lonjakan pasien Covid-19. Mengenai kebutuhan tenaga kesehatan jika STP dipakai sebagai RS darurat, Pemkot Solo akan merekrut tenaga relawan.

Harapannya, ke depan para relawan juga bisa mengisi kebutuhan tenaga kerja di RS Bung Karno seiring dengan jalinan kerja sama BPJS Kesehatan. "Tahun depan RS Bung Karno sudah kerjasama dengan BPJS, jadi butuh tenaga kerja. Syukur-syukur relawan bisa jadi karyawan RS," katanya.

Untuk sementara ini, pihaknya akan menunjuk beberapa tenaga kesehatan dari masing-masing Puskesmas di Kota Solo, baik dokter maupun perawatan. "Kalau tenaga kesehatan tidak butuh waktu lama karena dalam keseharian sudah praktik, apalagi yang sudah punya STR (Surat Tanda Registrasi)," katanya.

Pemkot Solo sudah menyiapkan anggaran khusus untuk penanganan Covid-19 pada tahun 2021. "Anggaran, sarana prasarana, dan sumber daya manusia sudah kami siapkan," ucapnya. Namun Wali Kota tidak membeberkan lebih jauh nilai anggaran yang dimaksud. 

Editor : Ary Wahyu Wibowo

Bagikan Artikel: