Pemkot Tegal Semprot Massal Disinfektan Akhiri PSBB, Warga Diminta Tak Keluar Rumah

Yunibar ยท Kamis, 21 Mei 2020 - 23:30 WIB
Pemkot Tegal Semprot Massal Disinfektan Akhiri PSBB, Warga Diminta Tak Keluar Rumah
Water Cannon Brimob Polda Bali menyemprotkan 5.000 liter disinfektan di Kota Denpasar untuk mencegah penyebaran virus corona (Covid-19). (Foto: Antara)

TEGAL, iNews.id – Pemkot Tegal akan melakukan penyemprotan disinfektan massal di seluruh wilayah mengakhiri Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), Jumat (22/5/2020). Terkait kegiatan itu, Pemkot meminta warga untuk sementara tidak keluar rumah pada siang hari.

Diperoleh informasi penyemprotan disinfektan massal itu akan dimulai selepas salat Jumat. Puluhan mobil water cannon dari Polda Jateng ikut dikerahkan untuk penyemprotan disinfektan.

Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono juga akan turun langsung menyemprotkan disinfektan dari udara menggunakan helikopter.

“Ya, ada penyemprotan (disinfektan) massal. Jadi, masyarakat kami minta jangan keluar rumah dulu habis Jumat,” kata Wakil Wali Kota Tegal Jumadi, Kamis (21/5/2020).

Pemkot Tegal akan menyemprotkan disinfektan massal. (Foto: istimewa)
Pemkot Tegal akan menyemprotkan disinfektan massal. (Foto: istimewa)

Jumadi mengatakan, PSBB yang diterapkan Pemkot Tegal dalam dua tahap mampu menekan penyebaran Covid-19. “Alhamdulillah, Kota Tegal sudah zona hijau,” ucapnya.

PSBB Kota Tegal untuk mencegah penyebaran Covid-19 sudah berlangsung selama dua tahap. Tahap I berlangsung pada 22 April-6 Mei 2020. Kemudian dilanjutkan Tahap II pada 7 Mei-22 Mei 2020. Kebijakan itu diklaim pemkot berhasil karena Kota Tegal sudah kembali nol kasus positif Covid-19.

Sebelumnya, beredar pamflet di media sosial apel malam penutupan PSBB Kota Tegal dengan sirine dan pesta kembang api spektakuler di Alun-Alun Tegal.

Acara tersebut bakal digelar pada Jumat malam sekitar pukul 22.00 WIB. Dalam pamflet tersebut, menampilkan foto Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono dan Wakil Wali Kota Muhammad Jumadi.

Wakil Wali Kota Tegal Jumadi membantah adanya pesta kembang api spektakuler dalam penutupan PSBB Jumat besok. “Pesta kesannya kaya apa,” katanya dikonfirmasi iNews, Kamis (21/5/2020).


Editor : Kastolani Marzuki