Pemprov Jateng Siapkan Strategi Pembangunan Tata Ruang di Masa Pandemi Covid-19

Ahmad Antoni ยท Rabu, 25 Agustus 2021 - 19:25:00 WIB
Pemprov Jateng Siapkan Strategi Pembangunan Tata Ruang di Masa Pandemi Covid-19
Seminar Internasional "Geospatial Technologies, Spatial Planning and Regional Development in Pandemic Era" dan launching Pasar Klaster UMKM. (foto: Isti)

SEMARANG, iNews.id - Pandemi Covid-19 berdampak pada semua aspek, termasuk persoalan tata ruang pembangunan. Sebab itu, Pemprov Jateng tengah merumuskan strategi pembangunan tata ruang dan pengembangan wilayah di masa pandemi.

Namun demikian, dalam pembangunan wilayah harus tetap memperhatikan banyak aspek. Hal itu disampaikan oleh Wakil Gubernur Jateng, Taj Yasin Maimoen saat membuka Seminar Internasional "Geospatial Technologies, Spatial Planning and Regional Development in Pandemic Era" dan launching Pasar Klaster UMKM yang diselenggarakan secara virtual oleh Bappeda Jateng, Rabu (25/8/2021).

Hadir dalam acara tersebut Kepala Bappeda Jateng Prasetyo Aribowo, Rektor Undip Prof. Dr. Yos Johan Utama , Kepala BIG Aris Marfai dan sejumlah narasumber. Seminar internasional dihadiri 75 pemakalah dan 1.000 nonpemakalah.

Untuk membangun wilayah yang sehat, kata dia, maka tak hanya dari sisi lingkungannya saja tapi juga mesti mempersiapkan diri menghadapi bencana.

Menurutnya, pandemi Covid-19 yang terjadi sejak 2020 ini telah merubah banyak hal. Sehingga harus ada adaptasi terhadap berbagai sektor, seperti kesehatan, sosial, ekonomi, infrastruktur pendidikan dan teknologi.

"Para perencana diminta tetap kritis dalam mencermati fenomena. Seperti dampak pembangunan, tantangan masa depan, ruang privat dan hunian yang mesti menjadi ruang produktif," kata Wagub yang akrab disapa Gus Yasin ini. 

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: