Penampakan Hiu Paus Terdampar Berkali-kali di Kulonprogo Gegerkan Warga

Kuntadi ยท Kamis, 27 Februari 2020 - 17:52:00 WIB
Penampakan Hiu Paus Terdampar Berkali-kali di Kulonprogo Gegerkan Warga
Ilustrasi hiu paus terdampar (Foto: Antara)

KULONPROGO, iNews.id – Warga Kulonprogo dalam beberapa hari ini dikejutkan hiu paus yang terdampar di Pesisir Selatan Kulonprogo. Namun, hiu ini bisa kembali ke tengah lautan beberapa jam kemudian.

"Saat terdampar itu tidak lama dan bisa kembali ke laut," kata Koordinator Sarlinmas wilayah V Samsudin, Kamis (27/2/2020).

Ikan yang dikenal dengan naga lintang atau geger lintang ini muncul pertama kali pada hari Minggu lalu. Hiu terdampar di pantai tepat di selatan Bandara Internasional Yogyakatra (Yogyakarta International Airport-YIA). Saat itu sejumlah nelayan sempat mengabadikan ikan tersebut sebelum kembali ke laut.

Selang dua hari ikan ini kembali muncul di Pantai Garongan, Panjatan. Namun saat terdampar, tidak lama ikan kembali ke laut. Kamis (27/2/20202) tadi hui itu kembali muncul di Pantai Glagah, meski tidak sampai ke bibir pantai.

"Mungkin ikannya sama. Kalau panjangnya sekitar tiga meter," ucap Samsudin.

Menurut Samsudin, kemungkinan hiu terdampar saat mencari makan. Hempasan ombak yang besar menjadikan ikan ini terawa arus ke tepi. Beruntung banyak palung yang bisa dipakai untuk bertahan sebelum kembali ke laut.

"Mungkin terbawa gelombang karena cuaca," ujarnya.

Warga Glagah Kusmiran mengatakan, sebelumnya kerap melihat hiu terdampar di Pantai Glagah dalam kondisi mati. Namun dalam beberapa hari ini, ikan itu masih hidup. Bahkan ada pemancing yang sempat mendokumentasikan ikan tersebut sebelum kembali ke tengah laut.

"Biasanya kalau terdampar sudah mati. Tetapi ini masih hidup," katanya.


Editor : Nani Suherni