Perhutani Serahkan Sharing Produksi ke LMDH di Kedu Selatan, Segini Besarannya

Ary Wahyu Wibowo ยท Kamis, 13 Oktober 2022 - 22:14:00 WIB
Perhutani Serahkan Sharing Produksi ke LMDH di Kedu Selatan, Segini Besarannya
Penyerahan sharing produksi dari Perhutani ke LMDH Kedu Selatan. Foto: Ist.

PURWOREJO, iNews.id Perhutani melalui Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Kedu Selatan menyerahkan sharing produksi ke Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) di wilayahnya. Sharing produksi diberikan untuk periode tahun 2018-2020.

Administratur KPH Kedu Selatan, Usep Rustandi mengatakan, pihaknya mengelola kawasan hutan seluas 44.659,81 hektare yang terdiri atas hutan produksi dan hutan lindung. Hutan tersebar di lima wilayah administratif Kabupaten Purworejo, Kebumen, Banjarnegara, Wonosobo dan sebagian kecil Kabupaten Banyumas. 

Keberadaan hutan erat hubungannya dengan masyarakat dalam pengelolaan sumber daya hutan secara bersama-sama. Sebab tak bisa lepas dari tiga aspek kelola, yaitu ekologi untuk menjaga kelestarian hutan secara berkelanjutan, aspek sosial dan ekonomi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar desa hutan. 

“Sekaligus mengelola kelangsungan hidup perusahaan secara mandiri sebagai badan usaha milik negara,” kata Usep Rustandi, Kamis (13/10/2022). 

Sementara, terdapat 267 LMDH yang telah berbadan hukum. Keterlibatan masyarakat dalam hutan, utamanya adalah kegiatan produksi kayu. Selain itu juga nonkayu sebagai mitra kerja Perhutani, antara lain tenaga persemaian tanaman, tebangan di hutan produksi dan sadapan getah. 

Editor : Ary Wahyu Wibowo

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsJateng di Google News

Bagikan Artikel: