Permintaan Plasma Konvalesen Naik, PMI Solo Dorong Penyintas Covid-19 Jadi Pendonor

Septyantoro ยท Rabu, 30 Juni 2021 - 12:11:00 WIB
Permintaan Plasma Konvalesen Naik, PMI Solo Dorong Penyintas Covid-19 Jadi Pendonor
Petugas PMI Kota Solo saat menyiapkan plasma konvalesen. Foto: iNews/Septyantoro.

SOLO, iNews.id – Permintaan plasma konvalesen di PMI Kota Solo meningkat tajam seiring naiknya kasus Covid-19. Para penyintas Covid-19 diharapkan sukarela melakukan donor plasma guna membantu sesama.

CEO PMI Solo Sumartono Hadinoto mengatakan, selama dua minggu terakhir antrian pasien yang membutuhkan donor plasma konvalesen di atas 150 orang. Sedangkan para pendonor yang datang ke PMI Solo kurang dari sepuluh orang setiap harinya. 

“Saya berharap kepada para penyintas untuk sukarela melakukan donor plasma. Kami siap membantu para pendonor yang tinggal di luar Kota Solo untuk datang,” kata Sumartono Hadinoto, Rabu (30/6/2021). 

Pihaknya kesulitan mencukupi kebutuhan plasma konvalesen. Sebab jumlah pendonor lebih sedikit  dibanding jumlah pasien Covid-19 yang membutuhkan. Pihaknya hanya bisa mengimbau mengingat PMI Solo tidak memiliki data terkait orang yang sembuh dari Covid-19. 

Sementara itu, meningkatkannya jumlah pasien Covid-19 membuat tingkat keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) di 16 rumah sakit (RS) rujukan di Kota Solo nyaris penuh. 

Editor : Ary Wahyu Wibowo

Bagikan Artikel: