Petugas Gabungan Bersama Pengelola Parkir KIE Tertibkan Parkir Liar

Anindita Trinoviana ยท Rabu, 29 Juni 2022 - 09:33:00 WIB
Petugas Gabungan Bersama Pengelola Parkir KIE Tertibkan Parkir Liar
Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Perhubungan Kabupaten Kebumen, Satpol PP, dan pihak kepolisian menertibkan titik parkir liar selama KIE berlangsung. (Foto: dok Pemkab Kebumen)

KEBUMEN, iNews.id - Personel gabungan dari Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Perhubungan Kabupaten Kebumen, Satpol PP, dibantu pihak kepolisian, dan pengelola parkir menertibkan kantong-kantong parkir tak resmi yang telah beroperasi selama Kebumen International Expo (KIE) berlangsung, Selasa (28/6/2022).

Penertiban parkir liar ini dilakukan karena dianggap tak resmi. Mereka diduga membuat tarif dengan menyediakan karcis sendiri di luar ketentuan yang telah diatur oleh pemerintah daerah dan pihak penyelenggara, dalam hal ini event organizer (EO).

"Penertiban ini dilakukan karena ditemukan beberapa titik kantong parkir liar saat KIE berlangsung. Mereka buat karcis dan tarif parkir sendiri Rp5000 untuk sepeda motor, padahal resminya untuk motor itu Rp3000," ujar Mugiyo, Kepala Bidang Lalu Lintas Disperkimhub.

Menurut Mugiyo, pihaknya sudah melakukan pendekatan dengan pihak-pihak yang membuat parkir liar dan meminta untuk mematuhi aturan yang resmi dari pihak pengelola parkir KIE. 

"Sedikitnya ada tiga titik kantong parkir liar, seperti di Perumahan Syahzada Pejagoan, Gedung Setda, dan di depan Toko Pojok Kebumen. Mereka menjual tiket parkir melebihi aturan resmi," kata Mugiyo. 

Sementara itu, Juniadi Prasetyo Lurah Kebumen sekaligus Ketua Koordinator Parkir KIE saat ikut dalam penertiban parkir liar mengakui, memang ada beberapa kelompok masyarakat yang menggunakan kesempatan ini untuk membuat kantong parkir di luar ketentuan. Jelas menurutnya, ini merupakan parkir liar.

"Ini jelas parkir liar, mereka berani bikin tiket dan tarif parkir sendiri yang jelas-jelas tidak sesuai dengan yang ditetapkan Pemkab Kebumen," ujar Juniadi.

Dari hasil penertiban ini, dia sudah melakukan komunikasi dengan masyarakat yang mengelola parkir liar. Hasilnya mereka kata Juniadi, sudah bersedia untuk mengikuti aturan dari pemerintah daerah dan penyelenggara dengan menerapkan karcis parkir yang sudah ditentukan.

"Dari hasil komunikasi tadi, sudah ada kesepakatan, mereka bersedia untuk mengikuti aturan dari kita, artinya mereka akan menggunakan karcis parkir yang sudah kita tentukan harganya," ucapnya.

Editor : Anindita Trinoviana

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: