Petugas Pemakaman Jenazah Covid-19 di Pekalongan Mulai Kelelahan

Suryono Sukarno ยท Selasa, 06 Juli 2021 - 07:43:00 WIB
Petugas Pemakaman Jenazah Covid-19 di Pekalongan Mulai Kelelahan
Petugas Tim Pemakaman Jenazah Covid-19 di Pekalongan mulai kelelahan. Angka kematian mengalami kenaikan signifikan dengan rekor 15 pasien dimakamkan pada Senin (5/7/2021). Foto: iNews.id/Suryono Sukarno

PEKALONGAN, iNews.id - Petugas pemakaman pasien Covid-19 di Pekalongan, Jateng, mulai kelelahan. Pasalnya angka kasus kematian meningkat dengan rekor 15 kasus pemakaman dalam sehari pada Senin (5/7/2021).

PMI Pekalongan menambah sebanyak 10 orang relawan merespons situasi ini. Rerata dalam sehari lebih dari lima pasien Covid-19 di Pekalongan meninggal dunia dan harus dimakamkan mengikuti protokol. 

"Mungkin kalau nanti kiranya nanti sudah terbentuk tim kalau kewalahan kita akan menambah personel lagi," kata anggota Tim Sukarelawan Pemakaman, Rofik Maulana.

Sukarelawan mulai kelelahan karena mereka harus langsung memakamkan pasien yang terkonfirmasi Covid-19. Tidak bisa ditunda dan berkejaran dengan waktu.

"Relawan mungkin agak sedikit kelelahan tetapi kita tetap semangat menjalankan tugas kemanusiaan ini," ujar Rofik.

Data dari Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Pekalongan, hingga kini sudah ada 250 lebih warga yang meninggal dunia karena virus corona. Para relawan berharap masyarakat dapat menerapkan protokol kesehatan agar terhindar dari Covid-19 sehingga bisa bisa menekan angka kematian.

Editor : Erwin C Sihombing