PMI Kota Magelang Siap Layani Donor Plasma Konvalesen

Antara ยท Senin, 23 Agustus 2021 - 13:07:00 WIB
PMI Kota Magelang Siap Layani Donor Plasma Konvalesen
Wali Kota Magelang, Muchamad Nur Aziz saat meninjau sarana dan prasarana pelayanan PMI Kota Magelang. Foto: ANTARA.

MAGELANG, iNews.id - Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Magelang mulai membuka pelayanan donor plasma konvalesen. Layanan dibuka setelah berbagai persiapan sarana dan prasarana pendukung telah siap.

Kepala Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota Magelang dr Bramantyo Angga Kesuma mengatakan, pihaknya mulai kemarin melakukan proses pengambilan donor dengan enam kantong yang disiapkan. Setelah itu, dilakukan beberapa proses pemeriksaan sehingga hasilnya siap digunakan.

"Saat ini sudah ada enam kantong yang siap untuk memenuhi permintaan. Pelayanan dimulai sore hari ini. Ada beberapa proses pemeriksaan terlebih dahulu sebelum plasma konvalesen dapat dipakai oleh pasien," Bramantyo Angga Kesuma, Senin (21/8/2021).

Ia menjelaskan, donor darah plasma konvalesen merupakan salah satu metode imunisasi pasif yang dilakukan dengan memberikan plasma orang yang telah sembuh dari Covid-19 kepada pasien virus yang sedang dirawat.

Hal itu sebagai terapi tambahan bagi pasien dengan mengajak orang yang telah sembuh dari virus tersebut untuk menjadi pendonor plasma.

Editor : Ary Wahyu Wibowo

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: