Polda Jateng Tangkap 2 Orang Terduga Penimbun Masker

Kristadi ยท Rabu, 04 Maret 2020 - 09:16 WIB
Polda Jateng Tangkap 2 Orang Terduga Penimbun Masker
Ilustrasi. (Foto: Sindonews)

SEMARANG, iNews.id - Polda Jawa Tengah menangkap dua orang terduga penimbun masker dan alat kesehatan lainnya pada Selasa (3/3/2020). Keduanya ditangkap di tempat berbeda.

Subdit Jatanras Polda Jateng mendapatkan laporan tentang kelangkaan distribusi masker kesehatan di pasaran. Setelah dilakukan patroli cyber melalui beberapa sumber media sosial, didapatkan beberapa nama yang diduga terlibat dalam praktik penimbunan masker kesehatan di wilayah hukum Polda Jateng.

Selanjutnya dilakukan penangkapan dua orang yang diduga menjualbelikan masker kesehatan beragam merk dalam jumlah besar di wilayah Semarang melalui media sosial.  Salah satu yang ditangkap yakni Ari Kurniawan (45) warga Kanalsari Barat VII/12, RT 8/9 Semarang Timur.

Kabid Humas Polda Jateng Kombes Pol Iskandar Fitriana Sutisna menjelaskan, akan mengembangkan kasus penimbunan masker dari penangkapan dua tersangka tersebut.

"Polda Jateng sudah menangkap dua tersangka penimbun masker dan antiseptik gel di semarang. Kami akan kembangkan pelaku lainnya," katanya dalam keterangan tertulis yang diterima iNews.id, Rabu (4/3/2020).

Dari Ari petugas mengamankan delapan boks masker berbagai merek. Bukti transaksi jual beli juga diamankan.

"Diamankan delapan boks masker beragam merk (onemed, solida, imaske, earlop, yuhay, golden gloves) dan dua plastik merk sensi," ujarnya.

Sementara, pelaku terduga kedua atas nama Merriyati ( 24) diamankan di Jalan Kapas timur VIII / G 1060 RT 4/8 Genuk Semarang. Dari penangkapan itu, polisi mengamankan hand sanitizer merk onemed sebanyak 13 kardus dengan masing-masing kardus berisi 16 botol.

Sebelumnya, Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Argo Yuwono mengatakan, menimbun barang tanpa izin termasuk melanggar undang-undang. Dia pun memastikan terus menyelidiki potensi penimbunan masker tersebut.

"Kami melakukan penyelidikan jika ada yang melakukan penimbunan secara tidak sah," ujar Argo di Gedung Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Senin (2/3/2020).

Argo juga menegaskan Polda Metro Jaya sebelumnya telah menindak pembuat masker ilegal di Jakarta Utara.

"Polda Metro Jaya kan sudah penindakan, dengan adanya penimbunan masker-masker itu," katanya.


Editor : Nani Suherni