Polisi Tangkap 2 Jukir Peras Sopir Mobil Sayuran, Ngaku Setor ke Dishub Kendal

Eddie Prayitno · Kamis, 01 Juli 2021 - 18:02:00 WIB
Polisi Tangkap 2 Jukir Peras Sopir Mobil Sayuran, Ngaku Setor ke Dishub Kendal
Kapolres Kendal AKBP Yuniar Ariefianto dan Bupati Dico M Ganinduto saat gelar pengungkapan kasus pungli yang dilakukan jukir Pasar Weleri. (iNews/Eddie Prayitno)

KENDAL, iNews.id – Jajaran Reskrim Polres Kendal mengamankan dua orang juru parkir (jukir) di Pasar Weleri. Keduanya diamankan setelah melakukan aksi premanisme dengan memeras sopir mobil sayuran di \pinggir jalan sebelah barat Polsek Weleri sampai dengan perempatan pos lalu lintas.

Dua juru parkir yang diamankan adalah Khaerul Saleh  warga Desa Karangdowo Weleri dan Widodo Endi Pitoyo warga Plelen Gringsing Batang.

Kedua pelaku berdalih menarik uang parkir, namun di atas ketentuan dari aturan yang ada. Bahkan mereka mengaku menyetorkan rutin Rp1 juta setiap bulannya ke Dinas Perhubungan (Dishub) Kendal 

Modus yang dilakukan kedua juru parkir ini, untuk setiap mobil milik pedagang yang parkir di tempat tersebut dari pukul 20.00 WIB sampai 07.00 WIB harus membayar sebesar Rp15.000. Sedangkan untuk setiap orang yang  belanja kemudian memarkir di tempat tersebut dimintai uang sebesar Rp3.000 oleh juru parkir.

Dari kedua juru parkir, polisi mengamankan rompi dan lampu senter serta uang hasil pungutan luar. Keduanya tidak menjalani penahanan dan akan dikenakan tindak pidana ringan atau tipiring.

Kapolres Kendal AKBP Yuniar Ariefianto mengatakan, penangkapan ini merupakan bentuk gerak cepat Polri dalam menerima laporan dari masyarakat bahwa di jalur pinggir jalan pantur Weleri ada penarikan tarif parkir yang tak wajar. 

Aksi pungutan ini jelas membuat masyarakat resah  dan polisi tidak sega-segan menindak pelaku premanisme seperti ini.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2