Polisi Tilang Pengemudi Mobil Main TikTok di Underpass Kentungan Sleman

Heru Trijoko ยท Senin, 02 Maret 2020 - 18:36 WIB
Polisi Tilang Pengemudi Mobil Main TikTok di Underpass Kentungan Sleman
Video TikTok mobil di Underpass Kentungan, Sleman, Yogyakarta (Foto: Istimewa)

SLEMAN, iNews.id - Video TikTok yang menampilkan tiga mobil melaju dengan cara zigzag di Underpass Kentungan, Sleman, Yogyakarta viral di media sosial. Karena melanggar aturan lalu lintas, polisi pun menilang ketiga pengendara mobil tersebut.

Dalam video yang diterima iNews, ketiga mobil hitam itu asyik menyetir agar mobilnya terlihat bergoyang sesuai irama di apikasi TikTok.

Menurut polisi, video TikTok ini dibuat pada Senin, (16/2/2020). Karena dinilai melanggar lalu lintas polisi kemudian melacak para pelaku melalui akun media sosial yang memposting video TikTok tersebut. Hasilnya, polisi menangkap empat orang yang terdiri dari atas tiga pengemudi dan satu pembuat video. Mereka pun diminta membuat surat pernyataan yang berisi tidak mengulangi perbuatannya.

"Kami temukan berdasar info lapangan temukan video dan antisipasi kami lakukan tindak lanjut supaya enggak viral. Kami tilang," Kata Kaur Bin Ops Satlantas Polres Sleman, Iptu Riki Heriyanto, Senin (2/3/2020).

Menurut keterangan pelaku kepada polisi, alasan pembuatan video TikTok di Underpass Kentungan hanya iseng. Namun, karena tindakan ketiganya melanggar tetap dikenakan upaya tilang.

"Alasan itu iseng saja versi mereka, karena bisa viral mereka iseng saja. Ini pelangaraan mengganggu kenyamanan pengguna jalan lain," ucapnya.

Di wilayah hukum Polda DIY, sedikitnya terjadi dua pelanggaran lalu lintas di kawasan underpass yang videonya viral di media sosial. Sebelumnya, video di underpass Yogyakarta International Airport (YIA) beberapa waktu lalu melibatkan dua mobil yang beradu kecepatan. Oleh polisi, seluruh pelaku pelanggaran lalu lintas ini hanya dijatuhkan sanksi tilang dan akhirnya dibebaskan.


Editor : Nani Suherni