Ganjar Pranowo Rencanakan Metallica Manggung di Jateng

Nani Suherni ยท Senin, 02 Maret 2020 - 11:19 WIB
Ganjar Pranowo Rencanakan Metallica Manggung di Jateng
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (Foto: Dokumen Humas Pemprov Jateng)

YOGYAKARTA, iNews.id - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo memiliki rencana mendatangkan Metallica untuk konser di Jateng. Dia ingin semakin banyak konser musik bertaraf internasional digelar di wilayahnya.

Ganjar melihat, Jateng sering menjadi tempat digelarnya konser musik. Beberapa band papan atas tercatat pernah menggelar konser, yaitu Europe di Boyolali dan Westlife di Semarang. Tetapi, Ganjar mengaku belum puas. Dia ingin band sekelas Deep Purple dan Metallica bisa konser di Semarang.

"Waktu Westlife manggung di Borobudur itu bagus. Di Sam Poo Kong juga bagus. Itu sebenarnya uji coba dan animonya bagus. Kami harapkan band nasional maupun internasional yang bagus juga tertarik manggung di Jawa Tengah," katanya, dilansir situs resmi Humas Pemprov Jateng, Senin (2/3/2020).

Ganjar pun mengutarakan keinginannya kepada Anas Syahrul Alimi, promotor Rajawali Indonesia yang pernah mendatangkan band-band rock dunia ke Tanah Air. Di antaranya Dream Theater, Megadeth, Whitesnake hingga Scorpion.

"Tadi dibilang yang sudah kontrak dengan Deep Purple. Itu oke tapi saya inginnya Metallica. Tolong bilang ke Mas Metallica, jangan mahal-mahal ya," ucapnya disela menonton konser Whitesnake dan Scorpion di Stadion Kridosono Yogyakarta, Minggu (1/3/2020).

Untuk mendukung rencana itu, Pemprov Jateng telah mempersiapkan infrastruktur yang bisa menunjang konser skala internasional, baik gedung, transportasi maupun fasilitas pendukung lainnya.

Gedung yang digadang-gadang akan menjadi venue konser internasional yakni New PRPP. Rencananya, New PRPP akan direvitalisasi besar-besaran pada akhir tahun 2019 lalu.

Menurut Direktur Utama New PRPP Titah Listiorini, revitalisasi meliputi pembangunan hotel tujuh lantai yang memiliki 300 kamar, exhibition hall berukuran 10 ribu meter persegi dan convention hall seluas 5 ribu meter persegi. Ditambah, akan dibangun ruang pamer industri, pusat oleh-oleh, restoran, bangunan penunjang bandara dan pengembangan obyek wisata.

"Untuk konsep convention hall seperti itu, di Indonesia sudah ada yang di BSD, mereka punya 5 ribu meter persegi sebanyak 10 unit. Tapi di sana tidak ada hotel, cuma di sekelilingnya. Tapi kalau di sini berada di satu kawasan," katanya.

Dengan lokasinya yang strategis di antara Bandara Internasional Ahmad Yani dan Pelabuhan Tanjung Emas, Ganjar yakin New PRPP siap menjadi venue konser internasional kebanggaan Jateng.


Editor : Nani Suherni