Polres Boyolali Kerahkan Anjing Pelacak Periksa Gereja di Boyolali Jelang Malam Natal

Tata Rahmanta ยท Senin, 23 Desember 2019 - 15:07 WIB
Polres Boyolali Kerahkan Anjing Pelacak Periksa Gereja di Boyolali Jelang Malam Natal
Anjing pelcak dikerahkan untuk memeriksa sejumlah gereja di Boyolali, Senin (23/12/2019) jelang hari raya Natal. (Foto: iNews/Tata Rahmanta)

BOYOLALI, iNews.id – Jelang peringatan hari raya Natal, petugas gabungan TNI, Polri, dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) melakukan pengecekkan sejumlah gereja di Boyolali, Jawa Tengah, Senin (23/12/2019). Polres Boyolali melibatkan anjing pelacak dalam proses pengecekan tersebut.

Hal tersebut dilakukan Polres Boyolali untuk memastikan keamanan bagi umat Kristiani saat menjalankan ibadah misa. Pengecakan itu dipimpin langsung Kapolres Boyolali, AKBP Kusumo Wahyu Bintoro. Salah satu gereja yang diperiksa adalah Gereja Katolik Hati Tak Bernoda Santa Perawan Maria di Jalan Merbabu.

Polisi bersama anjing pelacak memeriksa setiap sudut gereja bagian dalam dan luar bangunan. Menurutnya, pengecekkan gereja ini merupakan upaya polisi menjaga ketertiban dan keamanan bagi umat Kristiani dalam merayakan hari raya Natal 2019 yang berlangsung mulai 24 Desember 2019.

Sementara itu pihak gereja sudah mempersiapkan berbagai dekorasi untuk memeriahkan malam Natal. Tenda besar putih juga sudah dipasang di halaman gereja untuk menampung jemaah.

“TNI, Polri, dan Forkompimda melakukan pengecekan kesiapsiagaan pengamanan di gereja dan semua dinyatakan siap. Kami juga koordinasi dengan pihak gereja untuk pengamanan gereja antara remaja dengan TNI, Polri serta pihak terkait,” katanya usai pengecekan.

Kusumo juga mengatakan bahwa Polres Boyolali mendirikan lima posko terpadu di jalur utama Solo-Semarang dan satu posko terpadu di ruas tol Kartasura-Salatiga jelang libur natal dan tahun baru. Dalam rangka mengamankan perayaan Natal dan tahun baru, Polres Boyolali mengerahkan ratusan personel.


Editor : Rizal Bomantama