PP Muhammadiyah: Antisipasi Dampak Psikologis dan Politis PMK jelang Idul Adha

Antara ยท Jumat, 13 Mei 2022 - 13:07:00 WIB
PP Muhammadiyah: Antisipasi Dampak Psikologis dan Politis PMK jelang Idul Adha
Pemeriksaan hewan sapi mencegah penyakit mulut dan kuku. (Antara)

PURWOKERTO, iNews.id - Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti mengatakan dampak psikologis maupun politis yang dapat muncul dari penyakit mulut dan kuku (PMK) pada sapi harus diantisipasi. Antisipasi itu perlu dilakukan menjelang ibadah kurban hari raya Idul Adha 1443 Hijriah.

"Ini (PMK) sesuatu yang tidak sederhana, yang tidak bisa kita pandang sebagai masalah yang bisa kita selesaikan secara sambil lalu karena ini akan sangat berpengaruh terhadap pelaksanaan ibadah kurban terutama kaitannya dengan kesehatan hewan kurban," katanya di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jumat (13/5/2022).

Abdul Mu'ti mengatakah hal itu usai acara Halalbihalal Silaturahmi Idul Fitri 1443 Hijriah dan Mangayubagyo Jemaah Calon Haji Keluarga Besar Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) di Auditorium Ukhuwah Islamiyah UMP.

Menurut dia, kasus PMK juga akan menimbulkan dampak psikologis dan dampak politis bagi masyarakat kalau tidak segera teratasi.

Oleh karena itu, pihaknya mengimbau kepada pemerintah khususnya Kementerian Pertanian untuk segera berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait agar persoalan yang sekarang ini terjadi dapat segera teratasi.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: