Prospek Cuaca Ekstrem di Jateng 19-21 Oktober, Ini Wilayah Terdampak

Ahmad Antoni ยท Rabu, 19 Oktober 2022 - 20:23:00 WIB
 Prospek Cuaca Ekstrem di Jateng 19-21 Oktober, Ini Wilayah Terdampak
BMKG memprakirakan potensi curah hujan dengan intensitas sedang-lebat yang disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah Jawa Tengah. (ilustrasi/Ist)

SEMARANG, iNews.id – BMKG memprakirakan potensi curah hujan dengan intensitas sedang-lebat yang disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah Jawa Tengah. Potensi cuaca ekstrem terjadi pada periode 19-21 Oktober 2022.

Hal itu berdasarkan hasil analisis dinamika atmosfer, meliputi adanya pola belokan angin di sekitar wilayah Jawa Tengah, anomali suhu muka laut positif di Laut Jawa dan Samudera Hindia selatan Jawa dan aktifnya gelombang Rossby memicu adanya peningkatan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah. 

“Kelembaban udara yang relatif cukup tinggi dan labilitas lokal yang cukup kuat turut berkontribusi terhadap pembentukan awan hujan di sebagian wilayah Indonesia, khususnya Jawa Tengah,” kata  Kepala Stasiun Meteorologi Ahmad Yani Semarang, Sutikno, Rabu (19/10/2022).

Berikut potensi curah hujan di wilayah Jawa Tengah :

Tanggal 19 Oktober 2022
Cilacap, Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, Wonosobo, Kab./Kota Magelang, Boyolali, Klaten, Wonogiri, Surakarta, Karanganyar, Sragen, Grobogan, Blora, Pati, Kudus, Jepara, Kab. Semarang, Salatiga, Temanggung, Kab. Pekalongan dan sekitarnya.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsJateng di Google News

Bagikan Artikel: