PSBB Tegal Berakhir, Serbuan Pemudik Kampung Warteg Perlu Diwaspadai

Taufik Budi ยท Jumat, 22 Mei 2020 - 11:17 WIB
PSBB Tegal Berakhir, Serbuan Pemudik Kampung Warteg Perlu Diwaspadai
Warga masih beraktivitas normal menjelang pelaksanaan PSBB di Kota Tegal. (Foto: iNews/Yunibar)

TEGAL, iNews.id - Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Tegal akan berakhir hari ini Jumat (22/5/2020). Beredar informasi, penutupan PSBB Kota Tegal ditandai dengan sirine dan pesta kembang api di Alun-alun Tegal.

Tokoh masyarakat Kota Tegal Gunawan menilai, berakhirnya masa PSBB perlu diwaspadai. Ada kemungkinan, sejumlah perantau langsung kembali ke Tegal.

“Ini kebijakan dari Pemerintah Kota Tegal, saya rasa sangat riskan karena banyak warga Kota Tegal yang dari luar kota terutama (kampung) warteg dari Jakarta yang pada mudik,” kata Gunawan.

Dia pun menyesalkan bila penutupan PSBB dilakukan dengan pesta kembang api. Selain dikhawatirkan mengundang kerumunan massa, kegiatan itu juga dinilai kurang berempati terhadap tenaga medis maupun daerah lain yang masih menjadi zona merah.

“Ironisnya malah pakai pesta. Pendapat saya tidak etis, tidak menghormati pada paramedis ataupun daerah lain yang masih terkena Covid-19 ini,” ucapnya.

Sekadar diketahui, PSBB Kota berakhir hari ini Jumat (22/5/2020). Pemkot Tegal akan melakukan penyemprotan disinfektan massal di seluruh wilayah, sehingga warga diminta tidak keluar rumah pada siang hari.

Selain menggunakan mobil water cannon dari Polda Jateng, penyemprotan disinfektan juga dilakukan dari udara menggunakan helikopter. Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono akan memimpin langsung penyemprotan desinfektan.

Penerapan PSBB Kota Tegal sudah berlangsung selama dua tahap. Tahap I berlangsung pada 22 April hingga 6 Mei 2020 dan dilanjutkan tahap II pada 7 Mei-22 Mei 2020. Kebijakan itu diklaim berhasil karena Kota Tegal sudah kembali menjadi zona hijau dan nol kasus positif Covid-19.


Editor : Nani Suherni