Puluhan Napi Teroris dari Gunung Sindur Dipindahkan ke Nusakambangan

Heri Susanto ยท Rabu, 28 November 2018 - 15:23:00 WIB
Puluhan Napi Teroris dari Gunung Sindur Dipindahkan ke Nusakambangan
Sejumlah aparat bersenjata lengkap mengawal pemindahan napi teroris dan narkoba dari LP Gunung Sindur ke Nusakambangan, Rabu (28/11/2018). (Foto: iNews/Heri Susanto)

CILACAP, iNews.id - Puluhan narapidana kasus terorisme dan narkoba dipindahkan dari Lembaga Pemasyarakatan (LP) Gunung Sindur, Bogor, Jawa Barat, ke Pulau Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah, Rabu (28/11/2018) siang.

Pemindahan narapidana yang terdiri dari 37 napi kasus terorisme dan 30 napi kasus narkoba itu mendapatkan pengamanan ekstra ketat dari brimob bersenjata lengkap dan Tim Densus 88 Anti Teror. Puluhan napi itu selanjutnya akan di tempatkan di tiga LP di Nusakambangan yang diperuntukan khusus untuk napi beresiko tinggi atau high risk.

Rombongan kendaraan yang membawa puluhan narapidana ini tiba di Dermaga Wijayapura, Nusakambangan, Cilacap, Rabu (28/11/2018) siang. Puluhan narapidana ini tiba, setelah menempuh perjalanan selama kurang lebih lima jam dari LP Gunung Sindur Bogor, Jawa Barat.

Para terpidana yang pindahkan ini memiliki masa hukuman cukup tinggi hingga hukuman seumur hidup bahkan hukuman mati. Sebagian lagi merupakan terpidana warga negara asing.



Setibanya di dermaga penyeberangan Wijayapura, satu per satu bus yang membawa para terpidana ini langsung diseberangkan ke Pulau Nusakambangan, dengan Kapal Pengayoman milik Kemenkumham.

Selanjutnya, puluhan terpidana ini akan menempati sejumlah LP di Nusakambangan, yakni 30 puluh terpidana di LP Batu, 10 terpidana ditempatkan di LP Besi dan 27 tujuh lainnya akan mendekam di LP Pasir Putih.

“Mereka akan ditempatkan di tiga lapas, yakni Lapas Batu, Lapas Pasir Putih, dan Lapas Besi.
Proses pemindahan puluhan terpidana ini mendapat pengamanan dari brimob bersenjata lengkap dan Tim Densus 88 Anti Teror,” kata Kapolres Cilacap, AKBP Djoko Julianto, Rabu (28/11/2018).

Pemindahan puluhan terpidana ke Nusakambangan ini karena para napi ini tergolong beresiko tinggi atau high risk. Sejumlah LP di Nusakambangan memang diperuntukkan menampung terpidana beresiko tinggi.

Sebelumnya, 20 napi kasus terorisme dan narkoba dari sejumlah LP di Jawa Timur, juga dipindahkan ke Nusakambangan.


Editor : Himas Puspito Putra