Ratusan Hewan di Kota Pekalongan Divaksin Antirabies

Suryono Sukarno ยท Kamis, 30 September 2021 - 11:22:00 WIB
Ratusan Hewan di Kota Pekalongan Divaksin Antirabies
Vaksinasi terhadap hewan yang dilakukan Dinas Pertanian dan Pangan Kota Pekalongan. Foto: iNews/Suryono Sukarno.

PEKALONGAN, iNews.id – Ratusan hewan karnivora atau pemakan daging di Kota Pekalongan divaksin antirabies. Kegiatan vaksinasi oleh Dinas Pertanian dan Pangan Kota Pekalongan, dalam rangka memperingati hari rabies sedunia. 

Satu per satu, hewan karnivora seperti kucing, anjing, dan jenis primata divaksin antirabies. Kegiatan vaksinasi digelar secara gratis Para pemilik hewan merasa senang karena layanan vaksinasi diberikan secara gratis. Selain itu, petugas juga menerima pemeriksaan kondisi hewan yang sakit.

“Sebelum divaksin, hewan diperiksa dulu kondisi kesehatannya. Batasan usia hewan yang bisa divaksin harus di atas tiga bulan dan dalam kondisi sehat,” kata Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian dan Pangan Kota Pekalongan, Ilena Palupi, Kamis (30/9/2021). 

Jawa Tengah merupakan satu dari sepuluh provinsi di Indonesia yang telah dinyatakan bebas dari rabies. Namun mengingat posisi Kota Pekalongan berada di jalur Pantura, maka hewan peliharaan perlu divaksin antirabies secara rutin. 

Sedangkan dalam pelaksanaan vaksinasi, didominasi hewan kucing dari berbagai jenis. Petugas nantinya juga akan melakukan kunjungan ke rumah warga yang memiliki hewan yang berpotensi menyebarkan rabies, seperti anjing. 

Editor : Ary Wahyu Wibowo

Bagikan Artikel: