Ratusan Pemudik dari Jakarta Tiba di Grobogan dengan 3 Bus

Rustaman Nusantara ยท Jumat, 24 April 2020 - 10:09:00 WIB
Ratusan Pemudik dari Jakarta Tiba di Grobogan dengan 3 Bus
Ratusan pemudik dari Jakarta tiba di Grobogan, pada Kamis (23/4/2020). (Foto: iNews/Rustaman Nusantara)

GROBOGAN, iNews.id - Ratusan pemudik dari Jakarta dan Jawa Barat tiba di Grobogan, Jawa Tengah (Jateng) dengan menggunakan tiga armada bus pada Kamis (23/4/2020). Para pemudik tersebut selanjutnya diminta karatina di rumah masing-masing.

Petugas kesehatan bersama kepolisian dan BPBD Grobogan kemudian menggiring bus-bus pengangkut pemudik menuju lokasi karantina. Seperti di Desa Wolo, kecamata Penawangan, para pemudik diturunkan dan kemudian dilakukan pemeriksaan kesehatan.

Dari pantauan iNews, para pemudik ini lupa akan sosial dan phsycal distancing. Mereka justru membuat kerumunan ketika tengah mengambil makanan dan minuman yang telah dipersiapkan oleh pihak petugas.

Camat Penawangan Kasan Anwar menjelaskan para pemudik tidak dikarantina di satu lokasi meskipun pemerintah desa menyediakan lokasi. Mereka akan tetap dipantau saat karantina mandiri di rumah.

"Suhu tertinggi yang ditemukan itu 36,4 derajat celcius. Jadi mereka kami izinkan isolasi mandiri di rumah," katanya, Kamis (23/4/2020).

Salah satu pemudik Teguh sempat menolak untuk dikarantina mandiri secara massal. Tetapi jika pemerintah menghendaki, dia bersama pemudik lainnya siap untuk menjalaninya.

"Kalau bisa sih janganlah (karantina massal). Tapi kalau terpaksa ya enggak apa-apa. Kami takutnya malah campur sama yang beda daerah," ucapnya.

Teguh dan pemudik lainnya mengaku sengaja pulang lebih awal dari tanggal penetapan larangan mudik agar bisa berkumpul dengan keluarga. Jika pulang diatas tanggal 24 April, dia tidak akan bisa pulang dan berkumpul dengan keluarga.

Berita Lain Bisa Dibaca di Okezone.com: Mudik Dilarang, 83 Titik Pemeriksaan di Jateng Dijaga Ketat

Editor : Nani Suherni