Ratusan Penumpang KA di Stasiun Tegal Terlantar akibat Banjir Batang

Yunibar ยท Minggu, 27 Januari 2019 - 12:45 WIB
Ratusan Penumpang KA di Stasiun Tegal Terlantar akibat Banjir Batang
Penumpang kereta api (KA) di Stasiun Besar Tegal menunggu kedatangan KA. Banjir yang terjadi di Batang mengakibatkan belasan perjalanan KA terganggu. (Foto: iNews.id/Yunibar SP)

TEGAL, iNews.id - Ratusan penumpang kereta api (KA) tujuan Jakarta maupun kota-kota besar lainnya di Jawa terlantar di Stasiun Besar Kota Tegal, Jawa Tengah, Minggu (27/1/2019).

Kondisi itu terjadi lantaran sejumlah perjalanan KA terganggu akibat banjir yang merendam jalur KA di Batang. Jalur tersebut bahkan ambles tepatnya di Ujungnegoro.

PT KAI Daop 4 Semarang bahkan terpaksa membatalkan perjalanan KA Kaligung tujuan Tegal-Semarang Poncol untuk keberangkatan pukul 05.00 WIB. Sementara hampir seluruh perjalanan kereta api lintas utara jarak jauh mengalami keterlambatan berkisar 3-5 jam di antaranya KA Argo Sindoro, Argo Muria, dan Harina tujuan Semarang-Bandung.

Sejumlah penumpang mengaku kecewa karena ketidakpastian kapan kedatangan dan keterlambatan kereta api, padahal mereka mengaku sudah menunggu lebih dari tiga jam.

“Saya rencananya mau ke Purwokerto, tapi keretanya terlambat katanya relnya kena longsor dan banjir di Batang. Saya sudah nunggu tadi pagi sekitar pukul 07.30 WIB,” kata seorang penumpang KA, Purwati.

Lantaran tidak ada kepastikan kapan KA datang, Purwati dan sebagian penumpang lainnya yang tidak sabar bahkan terpaksa mengembalikan tiket dan menggunakan moda transportasi lain. “Saya pakai bis saja, karena keretanya gak jelas kapan datang,” ucapnya.

Hingga siang ini, proses perbaikan bantalan rela kereta api yang ambles tergerus banjir terus dilakukan oleh pihak PT KAI. Keterlambatan kedatangan dan keberangkatan kereta api terjadi karena hanya satu jalur KA lintas utara di Ujungnegoro, Batang yang bisa digunakan. Sehingga kereta api dari dua arah harus antre satu per satu. Diperkirakan jalur kembali normal sore nanti.

Diketahui, belasan perjalanan kereta api (KA) di jalur utara Jawa terganggu akibat banjir yang melanda Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Dari data PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 4 Semarang, tercatat ada 11 perjalanan KA yang dialihkan ke jaluur selatan. 

Manager Humas PT KAI Daop 4 Semarang Krisbiyantoro mengatakan, titik banjir antara stasiun Batang - Ujungnegoro km 76 +1/8. Genangan banjir itu awalnya diketahui masinis kp/2722B (semen) pada Sabtu 26 Januari pukul 23.42 WIB, di km 76+1/8 petak jalan Batang-Ujungnegoro.

"Selanjutnya di kilometer tersebut dijaga petugas jalan rel dan jembatan guna memantau perkembangan," katanya, Minggu (27/1/2019).


Editor : Kastolani Marzuki