Banjir 1,5 Meter Rendam 9 Kelurahan di Batang, Ribuan Warga Ngungsi

Ahmad Antoni ยท Minggu, 27 Januari 2019 - 08:41 WIB
Banjir 1,5 Meter Rendam 9 Kelurahan di Batang, Ribuan Warga Ngungsi
Warga menerobos banjir yang menggenangi kawasan Alun-Alun Batang, Jateng. (Foto: SINDOnews)

BATANG, iNews.id – Hujan deras seharian yang mengguyur Batang, Jawa Tengah mengakibatkan ribuan rumah yang tersebar di sembilan kelurahan terendam banjir.

Selain akibat tingginya curah hujan sejak Sabtu (26/1/2019) malam hingga Minggu (27/1/2019) dini hari, banjir juga dipicu meluapnya sejumlah sungai.Sembilan kelurahan tersebut yakni, Proyonanggan Tengah, Kauman Karanganyar, Watusatit, Desa Kalipucang Wetan, Kalipucang Kulon, Klidang Lor Klidan Wetan Selain.

Ketinggian air di rumah-rumah warga bahkan mencapai 1-1,5 meter. Banjir tersebut memaksa ribuan warga mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Batang, Ulul Azmi mengatakan, untuk pengungsi sementara yang terdata di tempat posko sedikitnya ada 1.000 orang yang meninggalkan rumah. Pemkab Batang saat ini sudah mendirikan empat posko pengungsian yakni di Pendopo Kabupaten, Kecamatan Batang, Posko Kelurahan Karangasem Utara. Kemudian posko Masjid Baiturahman Kelurahan Watusalit.

BACA JUGA:

Diguyur Hujan Semalaman, 5 Kelurahan di Kendal Terendam Banjir

Video Detik-Detik Rumah Hanyut Diterjang Banjir Bandang di Jeneponto

Bupati Batang Wihaji mangatakan, dalam keadaan darurat pihaknya sudah memerintahkan BPBD dan semua OPD untuk bergerak menanggulangi korban banjir yang dinilainya terbesar selama ini.

"Saya langsung turun ke rumah korban banjir. Tindakan darurat kita ungsikan masyarakat korban banjir di posko penungsian yang di lengkapi tim kesehatan dan dapur umum dan bagi masyarakat korban banjir sakit akan kita bawa ke rumah sakit, relawan BPBD, PMI sudah kita sebar titik-titik banjir," kata Wihaji dikutip SINDOnews.


Editor : Kastolani Marzuki