Ratusan Sapi Milik Pengungsi Merapi Dievakuasi di Balai Desa Balerante Klaten

Antara · Senin, 16 November 2020 - 06:24:00 WIB
Ratusan Sapi Milik Pengungsi Merapi Dievakuasi di Balai Desa Balerante Klaten
96 Ekor Sapi Milik Warga Balerante Klaten Dievakuasi (Foto: Dok Humas Pemprov Jateng)

KLATEN, iNews.id - Sebanyak 128 ekor hewan ternak berupa sapi milik pengungsi yang tinggal di kawasan rawan bencana (KRB) III sudah dievakuasi ke tempat evakuasi sementara (TES) di Balai Desa Balerante, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

"Namun ini belum seluruhnya, masih ada beberapa ekor yang belum dievakuasi karena warga memilih untuk memelihara di sana dulu," kata Koordinator Pengungsi di Balerante Zainu di Balai Desa Balerante, Minggu (15/11/2020).

Dia mengatakan hewan ternak tersebut seluruhnya ditempatkan di kandang komunal milik Desa Balerante. Menurut dia, kandang kosong tersebut berkapasitas 280 ekor sehingga akan mencukupi jika nantinya seluruh hewan ternak sudah dievakuasi. Untuk pakan hewan ternak, dikatakannya, sejumlah pengungsi lebih memilih untuk merumput di sekitar rumah masing-masing pada pagi hingga siang hari. Jika sudah mencukupi maka warga akan kembali turun ke lokasi pengungsian untuk memberi makan ternak mereka.

"Jadi kalau siang agak sepi, mereka naik dulu. Baru kalau malam kembali ramai, mereka lebih memilih tidur di pengungsian biar lebih tenang jika sewaktu-waktu terjadi aktivitas Merapi," katanya.

Editor : Ahmad Antoni