Rayakan HUT RI, Komunitas Ontel Sepeda Kuno Kudus Napak Tilas ke Stasiun Wergu Kulon

Antara ยท Selasa, 17 Agustus 2021 - 22:35:00 WIB
Rayakan HUT RI, Komunitas Ontel Sepeda Kuno Kudus Napak Tilas ke Stasiun Wergu Kulon
Komunitas Ontel Sepeda Kuno Kudus saat napak tilas di stasiun kereta api di Jalan Kiai Agus Salim Kudus, Selasa (17/8/2021). Foto: ANTARA/Akhmad Nazaruddin Lathif.

KUDUS, iNews.id - Komunitas Ontel Sepeda Kuno Kudus napak tilas ke Stasiun Kereta Api Wergu Kulon dalam rangka memperingati HUT ke-76 RI. Lokasi yang dikunjungi merupakan tempat peristiwa pertempuran para pejuang melawan penjajah Belanda. 

Sebelum napak tilas, puluhan anggota Komunitas Ontel Sepeda Kuno Kudus menggelar upacara bendera dengan inspektur upacara Letkol Purn Sukardi. Kemudian dilanjutkan napak tilas ke stasiun kereta api di Jalan Kiai Agus Salim di Kelurahan Wergu Kulon, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus.

Koordinator Komunitas Ontel Sepeda Kuno Kudus Sancaka Dwi Supani mengatakan, tujuan kedatangannya ke stasiun kereta api untuk mengingatkan kembali kepada generasi muda bahwa di Kabupaten Kudus juga ada para pejuang kemerdekaan. 

Salah satu saksi sejarahnya Stasiun Kereta Api Wergu yang merupakan tempat pertempuran dengan penjajah Belanda yang kebetulan menaiki kereta api menuju Kudus.

Sebelumnya, rombongan serdadu Belanda yang menaiki kereta api menuju Kudus sudah dicegat di wilayah Tanggulangin yang menjadi perbatasan dengan Kabupaten Demak, namun para pejuang kalah dalam pertempuran.

Editor : Ary Wahyu Wibowo

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: