Razia Mendadak di Rutan Blora, Ini Barang-Barang yang Ditemukan

Heri Purnomo · Selasa, 06 April 2021 - 23:06:00 WIB
Razia Mendadak di Rutan Blora, Ini Barang-Barang yang Ditemukan
Aparat gabungan saat menggelar razia di Rutan Kelas II B Blora, Selasa (6/4/2021) malam. Foto: iNews/Heri Purnomo.

BLORA, iNews.id - Petugas gabungan menggelar razia di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Blora, Selasa (6/4/2021) malam. Hasilnya, ditemukan handphone dan beberapa barang yanga bisa dirubah fungsi menjadi senjata tajam.

"Razia seperti ini kami rutin, seminggu bisa dua sampai tiga kali. Jika terbukti ditemukan barang-barang, seperti handphone, obat-obatan terlarang, narkoba, dan senjata tajam, tahanan akan kami tempatkan di sel strap atau sel khusus,” kata Kepala Rutan Kelas II B Blora, Dedi Cahyadi. 

Dalam razia, petugas menggeledah setiap kamar tahanan dan semua penghuni rutan. Hasilnya, ditemukan dua handphone dan cas di kamar mandi. Juga ada gunting, sendok serta sikat gigi yang bisa dirubah fungsi menjadi senjata tajam. 

"Temuan akan ditindaklanjuti, kami selidiki siapa pemiliknya. Jika terbukti, maka sanksinya sel strap dan tahanan tidak bisa memgajukan CB (keringanan hukuman), asimilasi, serta program lainnya,” tutur Dedi Cahyadi. 

Razia juga dalam rangka hari ulang tahun (HUT) lembaga pemasyarakatan yang jatuh 23 April mendatang. Razia dengan melibatkan petugas lapas, Polri, dan TNI, merupakan pertama kali selama pandemi Covid-19. Sasaran razia, antara lain menargetkan kepemilikan handphone, obat-obatan terlarang, narkoba, dan senjata tajam. 

Editor : Ary Wahyu Wibowo