Rekomendasi PDIP untuk Calon Kepala Daerah di Jateng Diumumkan Minggu Depan

Ahmad Antoni, Sindonews ยท Minggu, 16 Februari 2020 - 15:18 WIB
Rekomendasi PDIP untuk Calon Kepala Daerah di Jateng Diumumkan Minggu Depan
Ketua DPD PDIP Jateng Bambang Wuryanto (tengah) (Foto: Sindonews)

SEMARANG, iNews.id - PDIP akan mengumumkan rekomendasi calon kepala daerah yang diusungnya secara bertahap pada minggu depan. Rekomendasi ini berlaku bagi calon kepala daerah yang bertarung di Pilkada Jawa Tengah (Jateng).

Ketua DPD PDI Perjuangan Jateng Bambang Wuryanto mengatakan, hanya memiliki waktu sekitar lima bulan sebelum coblosan untuk fokus mematangkan pemenangan paslon. Setidaknya ada 21 kabupaten/kota di Jateng yang menggelar Pilkada 2020.

"Tahap pertama, minggu depan. Jumlahnya 45 rekomendasi. Tahap kedua, minggu pertama Maret. Tahap ketiga, akhir Maret," kata Bambang di sela Rakerda DPD PDIP Jateng di Panti Marhaen, Semarang, Sabtu (15/2/2020).

Namun Bambang belum bisa membeberkan daerah mana yang akan diberi rekomendasi pada tahap pertama. Dia memastikan, bakal calon kepala daerah dari Jateng masuk dalam rekomendasi.

"Yang siap mana, yang sudah prepare luncur tahap satu. Itu sudah pasti untuk mendaftar (Pilkada) bisa," ujarnya.

Terkait nama-nama petahana, Bambang menuturkan kemungkinan rekomendasi keluar di tahap pertama. Salah satunya Kota Semarang.

"Bisa saja (keluar tahap pertama). Karena melalui evaluasi, bagus," ucap Bambang.

Bambang tegas mengatakan, PDIP membidik kemenangan di 15 dari 21 daerah yang menggelar Pilkada serentak 2020 mendatang.

Pada September 2020, Jawa Tengah menggelar Pilkada di 21 kabupaten/kota. Yakni Kota Semarang, Kota Solo, Kota Pekalongan, Kota Magelang, Kabupaten Blora, Kabupaten Boyolali, Kabupaten Demak, Kabupaten Grobogan, Kabupaten Kebumen.

Kemudian Kabupaten Kendal, Kabupaten Klaten, Kabupaten Pekalongan, Kabupaten Pemalang, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Purworejo, Kabupaten Rembang, Kabupaten Semarang, Kabupaten Sragen, Kabupaten Sukoharjo, Kabupaten Wonogiri, dan Kabupaten Wonosobo.


Editor : Nani Suherni