Sakit TBC, Napi asal Pesisir Selatan Meninggal di Rutan Purworejo

Joe Hartoyo ยท Minggu, 16 Februari 2020 - 12:11 WIB
Sakit TBC, Napi asal Pesisir Selatan Meninggal di Rutan Purworejo
Petugas usai mengevakuasi napi yang meninggal akibat sakit TBC di Rutan Purworejo. (Foto: iNews/Jow Hartoyo)

PURWOREJO, iNews.id - Seorang warga binaan atau narapidana di Rutan Purworejo meninggal dunia dalam penjara, Minggu (16/2/2020) pagi. Identitas korban diketahui bernama Nursal Chaniago Bin Nurdin (61), warga asal Pesisir Selatan, Sumatera Barat yang mendekam di tahanan atas kasus Pasal 363 tentang pencurian dengan pemberatan.

Kepala Rutan Purworejo Lukman Agung Widodo mengatakan, korban sebelumnya sempat dirawat di RSUD Tjitro Wardojo. Selama setelah pulang dari RS, korban ditemukan meninggal pukul 06.00 WIB.

Hasil pemeriksaan, almarhum menderita pneumonia. Tetapi hasil cek kesehatan terakhir didiagnosa mengidap tuberkulosis (TBC). Saat ini jenazah telah dibawa ke RSUD Tjitro Wardojo untuk pembersihan dan penyucian sambil menunggu keluarganya dalam waktu 1x24 jam.

“Saya dapat laporan dari petugas jaga ada warga binaan di blok isolasi karena menderita penyakit TBC meninggal,” ujarnya, Minggu (16/2/2020).

Kronologi bermula saat petugas jaga mengecek warga binaan pada pukul 03.00 WIB. Saat itu korban ditenggok sedang tertidur. Dua jam berselang, korban coba dibangunan untuk Salat Subuh namun sudah tak bangun. Saat dicek, korban dinyatakan meninggalkan pukul 06.00 WIB.

“Memang sudah kami tempatkan di ruang isolasi agar tidak menular ke warga binaan yang lain,” katanya.

Selanjutnya Rutan Purworejo menghubungi Polsek Purworejo. Kapolsek Purworejo Iptu Sukardi bersama anggota kemudia datang olah TKP dan mengevakuasi jenazah ke RSUD Tjitro Wardojo.


Editor : Donald Karouw