Rencana Kenaikan Harga BBM Solar, Ribuan Nelayan di Tegal Terancam Tak Bisa Melaut

Yunibar ยท Senin, 29 Agustus 2022 - 15:03:00 WIB
 Rencana Kenaikan Harga BBM Solar, Ribuan Nelayan di Tegal Terancam Tak Bisa Melaut
Nelayan terancam tak bisa melaut jika harga BBM jenis solar mengalami kenaikan. (Yunibar)

TEGAL, iNews.id - Rencana kenaikan harga BBM bersubsidi jenis solar dan pertalite tak hanya berdampak pada sektor rumah tangga, namun juga sektor perikanan dan kelautan. Ribuan nelayan terancam tidak bisa melaut jika harga BBM subsidi jenis solar naik.

Seperti terlihat di alur dermaga Muarareja Kelurahan Tegalsari Kecamatan Tegal Barat, Kota Tegal, Senin (29/8/2022). Ribuan nelayan saat ini tengah menghadapi masa paceklik, yakni hasil tangkapan sedikit dan harga jual ikan dan sejenisnya murah.

Di tengah masa paceklik, nelayan justru dikagetkan dengan rencana pemerintah menaikkan harga BBM bersubsidi. padahal BBM solar menyumbang 70 persen dari biaya perbekalan kapal saat berangkat. Sehingga jika bbm solar naik, mereka terancam tidak bisa melaut.

Khaidi, salah seorang nelayan mengaku setiap hari mencari ikan bersma seorang temannya dengan kebutuhan BBM solar subsidi 20 hingga 25 liter per hari atau sekitar Rp110.000 per jeriken.

“Namun saat pulang hasil tangkapan hanya laku dijual Rp300.0000.  Itu pun belum dipotong perbekalan lainnya. Sehingga penghasilannya tidak menentu, kadang ia pun merugi karena harga ikan yang murah,” katanya.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsJateng di Google News

Bagikan Artikel: