Resmi Beroperasi, Rumkitlap Benteng Vastenburg Solo Wujud Inovasi Hadapi Pandemi Covid

Bramantyo · Rabu, 24 Februari 2021 - 15:35:00 WIB
Resmi Beroperasi, Rumkitlap Benteng Vastenburg Solo Wujud Inovasi Hadapi Pandemi Covid
Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Bakti Agus Fadjari meresmikan Rumkitlap Benteng Vastenburg di Solo, Rabu (24/2/2021). (Istimewa)

SOLO, iNews.id - Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Bakti Agus Fadjari meresmikan penggunaan Rumah Sakit Lapangan (Rumkitlap) Benteng Vastenburg di Solo, Rabu (24/02/2021). Peresmian Rumkitlap dihadiri sejumlah pejabat Muspida Jateng maupun Solo.

Antara lain Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi, Kadinkes Jateng Yulianto Prabowo yang mewakili Gubernur Jateng, Ketua DPRD Jateng Bambang Kusriyanto, Kepala Pengadilan Tinggi Jateng dan Kajati Jateng, Danrem 074/Warastratama dan para pejabat Forkopimda Solo.

Pangdam mengatakan bahwa segenap komponen bangsa terus melakukan inovasi dan kreasi dalam menghadapi pandemi. 

Selain Rumkitlap yang ada di Benteng Vastenburg ini Angkatan Darat memiliki beberapa rumah sakit lapangan yang sudah tergelar yaitu di Sulawesi dan di RSPAD Gatot Subroto Jakarta. 

“Rumah sakit ini bisa dibongkar dalam waktu cepat dan dipasang dalam waktu cepat dan langsung dioperasionalkan. Peralatan yang ada disini lebih bersifat portable dibandingkan dengan peralatan yang berada di rumah sakit, sehingga efektifitasnya bisa cepat untuk pelayanan di lapangan,” kata Pangdam.

Jenderal bintang dua itu mengimbau baik kepada jajaran TNI Polri, Pemerintah dan Relawan untuk tetap menjaga kesiapan dan kewaspadaan agar pandemi bisa benar-benar segera teratasi. 

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2