Ribuan Calon Jemaah Asal Jateng Tarik Uang Pelunasan Biaya Haji, Ada Apa?

Bramantyo ยท Senin, 07 November 2022 - 19:22:00 WIB
Ribuan Calon Jemaah Asal Jateng Tarik Uang Pelunasan Biaya Haji, Ada Apa?
Ribuan jemaah haji saat tiba di Indonesia. (ilustrasi/Antara)

KARANGANYAR, iNews.id – Ribuan calon jamaah haji (CJH) asal Jawa Tengah ramai-ramai menarik uang pelunasan biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH). Penarikan uang pelunasan biaya haji mereka lakukan karena lamanya waktu tunggu keberangkatan ke Tanah Suci hingga 30 tahun. 

Menurut data Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Jawa Tengah, jumlah calon jemaah haji yang telah menarik uang pelunasan biaya haji mencapai 8.000 orang.

"Tahun lalu jumlah calon jemaah haji yang telah menarik uang miliknya sebanyak 8.200 orang. Sedangkan tahun ini sebanyak 8.000 orang," sebut Kabid Penyelenggara Haji dan Umroh Kemenag Provinsi Jawa Tengah, Ahyani di sela acara Sapa Jamaah Tunggu Haji di Karanganyar, Senin (7/11/2022). 

"Alasannya, selain faktor usia yang mayoritas telah berusia di atas 50 tahun, waktu tunggu keberangkatan hingga 30 tahun menjadi alasan untuk menarik uang miliknya," katanya.

Dia mengatakan terhitung hingga November, di Jawa Tengah, jumlah antrean calon jemaah haji tercatat ada sebanyak 873.562 orang. Padahal dua pekan lalu jumlahnya terdata 855.671 orang.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsJateng di Google News

Bagikan Artikel: