RSUD Boyolali Layani Pasien dengan 'Baper'

Nani Suherni ยท Kamis, 20 Februari 2020 - 18:15:00 WIB
RSUD Boyolali Layani Pasien dengan 'Baper'
Petugas memperlihatkan aplikasi Booking Antrean Periksa alias Baper (Foto: Dokumen Pemprov Jateng)

BOYOLALI, iNews.id - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pandan Arang Boyolali, Jawa Tengah (Jateng) mulai memanfaatkan teknologi informasi untuk pelayanan kesehatan. Sejak pertengahan Januari 2020, rumah sakit telah menerapkan aplikasi Booking Antrean Periksa alias Baper.

Direktur RSUD Pandan Arang Siti Nur Rokhmah Hidayati berharap, penerapan aplikasi tersebut membuat Rumah Sakit Pandan Arang mendapat kepercayaan lebih dari masyarakat. Melalui aplikasi itu, pelayanan rawat jalan di rumah sakit semakin nyaman, akuntabel dan transparan.

Dia menjelaskan, aplikasi Baper dapat diunduh di playstore melalui telepon pintar. Pasien rawat jalan bisa mendaftar antrean secara daring atau online tanpa perlu ke rumah sakit. Mulai dari mengecek jadwal dokter hingga memantau antrean pembuatan resep obat.

"Aplikasi ini juga telah terintegrasi dengan BPJS dan Administrasi Kependudukan (Aminduk)," ujar Siti dilansir website resmi Pemprov Jateng, Kamis (20/2/2020).

Kepala Bagian umum RSUD Pandan Arang Nanang Sugiarto menambahkan, peralihan teknologi ini menjadikan antrean poliklinik menjadi sepi. Proses pendaftaran pasien semakin mudah karena tidak membutuhkan petugas untuk menjawab proses antrean. Semula RSUD Pandan Arang melayani antrean melalui aplikasi Whatsapp (WA).

"Antrean tidak berjubel lagi di poliklinik. Semula dengan WA karena harus menjawab, dan terbatas waktu maupun petugasnya," ujar Nanang.

Namun, bagi pasien yang tidak familiar dengan teknologi informasi, rumah sakit tetap melayani pendaftaran secara manual. Pasien lama yang telah memiliki nomor rekam medik maupun pasien baru dapat mendaftar dengan mudah.

"Cukup scan (pindai) barcode, atau masukkan nomor booking, atau masukkan nomor rekam medik, data sudah ada. Termasuk pula dapat melihat dan menggunakan data rekam medik untuk memeriksa di pelayanan kesehatan di tempat lain," katanya.

Melalui aplikasi Baper, pasien juga bisa mendapatkan informasi terkini layanan di RSUD Pandan Arang. Mereka juga memberikan kritik serta saran kepada pihak manajemen rumah sakit.


Editor : Nani Suherni