Ruang Isolasi Penuh, Pasien Suspect Covid-19 di RSUD Kardinah Tegal Dirawat di Tenda

Yunibar ยท Senin, 16 November 2020 - 12:32:00 WIB
Ruang Isolasi Penuh, Pasien Suspect Covid-19 di RSUD Kardinah Tegal Dirawat di Tenda
Pasien Suspect Covid-19 di RSUD Kardinah Tegal Dirawat di Tenda (Foto: iNews/Yunibar)

TEGAL, iNews.id - Sejumlah pasien RSUD Kardinah Kota Tegal, Jawa Tengah (Jateng) terpaksa dirawat di tenda pada Senin (16/11/2020) siang. Pihak rumah sakit mengaku ruangan perawatan penuh sehingga pasien dengan keluhan mengarah suspect Covid-19 ditempatkan di tenda yang lokasinya berdekatan dengan ruang IGD.

Dari pantauan iNews, suasana berbeda nampak di RSUD Kardinah Kota Tegal. Di lokasi tersebut terpasang tenda berukuran besar milik BNPB. Setidaknya ada tujuh pasien yang dirawat di tenda tersebut dengan keluhan penyakit komorbid.

Pasien-pasien tersebut merupakan pasien dengan keluhannya mengarah ke suspect Covid-19. Mereka baru menjalani rapid test dan belum diketahui hasilnya. Upaya tersebut dilakukan karena keterbatasan ruang isolasi di instalasi gawat darurat (IGD).

Direktur RSUD Kardinah, Heri Susanto mengatakan, selain keterbatasan ruang isolasi di IGD, ruang isolasi pasien Covid-19 juga terisi penuh.

"Saat ini ada 57 tempat, sudah terisi penuh mudah-mudahan kecepatan untuk tes swab yang negatif bisa dirawat inap," kata Heri.

Untuk itu, rumah sakit terpaksa menyiapkan tenda BNPB guna perawatan sementara sambil menunggu hasil rapid test dan pemeriksaan laboratorium keluar. Jika pasien tersebut dinyatakan reaktif dan memiliki keluhan gejala terinfeksi Covid-19 akan dilanjutkan tes swab dan ditempatkan di ruangan yang tengah dipersiapkan untuk disterilisasi.

"Kami pasang tenda bukan untuk rawat inap. Ini untuk screening pasien di UGD, manakala dicurigai suspect Covid kami akan lengkapi rangkaian tes," ucapnya.

Editor : Nani Suherni

Halaman : 1 2