Rusuh di Rutan Purwodadi, 31 Napi Dipindah ke Lapas Nusakambangan dan Demak

Rustaman Nusantara ยท Rabu, 25 Maret 2020 - 15:35:00 WIB
Rusuh di Rutan Purwodadi, 31 Napi Dipindah ke Lapas Nusakambangan dan Demak
Pemindahan 20 napi dari Lapas Purwodadi, Grobogan, Jateng, pada Rabu (25/3/2020). (Foto: iNews/Rustaman Nusantara)

GROBOGAN, iNews.id – Puluhan narapidana yang diduga sebagai provokator kerusuhan di rumah tahanan (Rutan) Kelas II Purwodadi, Kabupaten Grobogan dipindahkan ke Lapas Nusakambangan, Cilacap dan Rutan Kelas II Demak, Rabu (25/3/2020).

Pemindahan puluhan napi titipan dari Cipinang, Jakarta Timur dan Solo itu membuat suasana di Rutan Purwodado kembali koundusif. Sebelumnya, kerusuhan pecah di rutan tersebut, Selasa (24/3/2020) sore.

Dalam kerusuhan tersebut, 58 napi merusak dan memecahkan kaca aula rutan, membakar karet tan, merusak net lapangan tenis, serta menganiaya tiga napi lainnya secara terpisah.

Kepala Divisi Pemasyarakatan Kemenkumham Jateng, Marasidin Siregar mengatakan, tiga napi yang dianiaya itu kembali ke sel lama setelah napi yang diduga sebagai provokator kerusuhan telah dipindahkan ke Lapas Nusakambangan.

“Pemindahan puluhan napi ini bertujuan untuk mengantisipasi kerusuhan yang lebih besar, karena para napi masih terlihat emosi dan tidak terima dengan keberadaan ketiga napi yakni mbah Mamok, Ali Bruno dan Yanto yang dianggap selalu memata-matai keberadaan mereka,” katanya, Rabu (25/3/2020).

Selain di Lapas Nusakambangan, ada 10 napi provokator kerusuhan yang dipindahkan ke Demak. Dengan tangan terborgol berantai yang saling menyambung, mereka dikawal ketat polisi bersenjata lengkap menuju Rutan Demak. 

Kepala Rutan Kelas II B Purwodadi, Solichin mengaku lega telah memindahkan puluhan napi yang dianggap sebagai provokator kerusuhan di dalam rutan, Selasa sore lalu.

“Pemindahan dibagi menjadi dua waktu mengingat lokasi pemindahan yang berbeda. Pemindahan pertama sebanyak 21 ke Nusa Kambangan,” katanya.

Ke-10 napi yang terkhir dipindahkan ini sebelumnya diamankan ditempat yang jauh dari jangkauan napi lainnya. Tidak ada korban jiwa dalam kerusuhan tersebut. Dengan pemindahan 31 napi itu kondisi Rutan Purwodadi, Grobogan kembali kondusif.


Editor : Kastolani Marzuki