Sakit Aneh, Warga Miskin di Pekalongan Ini Dievakuasi ke RSUD Kajen

Suryono Sukarno ยท Minggu, 18 November 2018 - 22:39 WIB
Sakit Aneh, Warga Miskin di Pekalongan Ini Dievakuasi ke RSUD Kajen
Tim medis Dinkes Kabupaten Pekalongan mengevakuasi Kasmirah ke rumah sakit. (Foto: iNews.id/Suryono)

KAJEN, iNews.id - Suasana haru terjadi saat Kasmirah (25) warga Dukuh Rowo Wungu RT 8 RW 4 Desa Watupayung, Kecamatan Kesesi, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah dievakuasi tim medis Dinas Kesehatan (Dinkes) pemkab setempat.

Proses evakusi Kasmirah juga berlangsung dramatis karena kondisinya lemas  dan tak berdaya. Tim medis bahkan harus memberikan infus terlebih dulu untuk memulihkan kesadarannya karena sudah seharian Kasmirah tak sadarkan diri. Kasmirah kemudian dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kajen. 

Kasmirah, warga miskin itu diketahui sudah lama terbaring lemas di kamar rumahnya dengan hanya beralaskan kasur tipis selama berbulan-bulan. Belum diketahui penyakit yang menyerang anak Wasripah (76) itu. Kemiskinan dan ketiadaan biaya yang mendera keluarga Wasripah menyebabkan Kasmirah hanya dirawat seadanya di rumah. 

Wasripah yang sudah renta juga harus merawat anaknya sendirian dan tak ada yang membantu. Wasripah mengaku, tidak tahu penyakit yang menyerang anaknya. “Kulo mboten ngertos sakite nopo (saya tidak tahu sakitnya apa). Mung iso turu lan mangan sedino sepisan karo turon (hanya bisa tidur dan kadang makan sekali sehari sambil tiduran),” kata Wasripah, Minggu (18/11/2018).

Dia menuturukan, Kasmirah sudah sekitar empat bulan ini mengalami sakit dan tidak bisa beraktivitas sama sekali. Kondisi Kasmirah pun semakin memprihatinkan karena hanya dibiarkan tidur di lantai rumah karena tak ada tempat lain.

Kondisi keluarga Wasripah juga semakin miris. Sejak suaminya meninggal dunia, Wasripah harus mencukupi kebutuhan kelima anaknya dengan berjualan keliling yang hasilnya tidak menentu. Apalagi, dua anak lelakinya yang semestinya bisa membantu ekonomi keluarga mengidap gangguan jiwa. Keluarga ini pun banyak mengandalkan bantuan dari tetangga, kerabat maupun para dermawan.


Rumah yang ditempati keluarga ini juga sangat tidak layak dan hanya berlantaikan tanah. Tak ada perabotan layak, apalagi mewah. Kondisi dapur juga kotor serta kumuh. Rumah Wasripah juga tidak memiliki kamar mandi dan lampu penerangan hanya menyambung listrik dari tetangga.

Ketua DPRD Kabupaten Pekalongan, Hindun mengatakan, dirinya menerima laporan adanya warga miskin yang sakit. “Saya cek dan begitu lihat kondisinya langsung meminta Dinas Kesehatan untuk menangani. Kondisi penderita sangat lemah tak bisa bangun dari tidurnya,” ucapnya.

Kepala Dinkes Kabupaten Pekalongan, Setiawan Dwi Antoro mengatakan, kondisi pasien sangat lemas sehingga harus segera dievakuasi. Mengenai penyakit yang diderita Kasmirah, Setiawan mengaku belum bisa mengetahui lebih detail karena diperlukan pemeriksaan menyeluruh. “Pasien ini kita infus karena kondisinya sangat lemas. Kita juga belum bisa mengetahui penyakitnya karena harus diperiksa lebih lanjut,” katanya.


Editor : Kastolani Marzuki